Sabusu Tersandung Persoalan Hukum

by -135 views

Sabusu Tersandung Persoalan Hukum

Jatinangorku.com – Salah satu aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dipergunakan Saung Budaya Sumedang (Sabusu) di Jalan Raya Ir. Soekarno, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, tersandung persoalan hukum dan aset Pemprov Jabar tersebut dinyatakan hilang.

Anggota DPRD Kab. Sumedang, Dadang Rohmawan, S.E. ketika dihubungi “GM”, menyatakan, saat ini di lokasi tersebut ada beberapa bangunan yang diduga tidak memiliki izin dari pemprov.

“Proses penyelidikan kasus Sabusu, sekarang memasuki tahapan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawas Keuangan (BPK). Semoga penyelesaiannya jelas dan transparan,” kata Dadang saat dihubungi “GM” melalui telepon selulernya, Rabu (13/8).

Menurutnya, pemprov pun seharusnya dapat bersikap tegas, agar nasib Sabusu ke depan segera diketahui publik dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mengutip pengakuan sejumlah pedagang di Sabusu, Dadang menyampaikan bahwa Sabusu pernah didatangi tim pengawas aparat penegak hukum yang melakukan penyelidikan.

“Mereka (penyidik, red) sempat mendata semua aset di Sabusu yang bangunannya milik Pemkab Sumedang, tapi tanahnya milik pemprov,” kata Dadang.

Menyikapi kabar tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin mengaku belum mengetahui persoalan terbaru yang terjadi di Sabusu.

“Kalau persoalan Sabusu dalam penyelidikan penegak hukum dan sudah ada LPH-BPK, saya belum mengetahuinya,” kata Zaenal.

Menurut sepengetahuannya, sebagian bangunan di Sabusu itu akan dipergunakan Samsat Outlet oleh pemprov. Namun, saat ini permasalahannya justru semakin rumit.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Drs. Endah Kusyaman juga mengaku tidak tahu-menahu soal permasalahan tersebut.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/