Sampah Jadi Pemicu, Jalur Jabar-Jateng Putus di Katapang

by -18 views

Arus lalu-lintas di jalur selatan terpaksa dialihkan menyusul amblesnya Jalan Raya Ciamis-Banjar di blok Katapang, Lingkungan Siluman, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Minggu (9/10) menjelang tengah malam.

Pengalihan arus juga terpaksa dilakukan menyusul ambrolnya jembatan Ciputerapinggan di batas Desa Ciputerapinggan, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Ambrolnya jembatan membuat akses utama Kota Banjar-Pangandaran terputus. Satu-satunya jalur alternatif hanyalah Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Amblesnya Jalan Brigjen M Isha di blok Katapang mulai terjadi sekitar pukul 23.00. Namun ketika itu, baru separuh jalan yang ambles.
“Tapi, menjelang subuh, semuanya ambles hingga kedalaman lebih dari 10 meter. Lebar jalan yang ambles mencapai 12 meter sepanjang sekitar 16 meter,” ujar Cucu Irwansyah, Koordinator Lapangan Bimanarga Pusat untuk Jalur Selatan, di lokasi amblesnya jalan, Senin (10/10).

Tersumbatnya gorong-gorong oleh sampah, menurut Cucu, adalah pemicu amblesnya jalan. Hujan yang turun dua hari berturut-turut membuat air selokan yang masuk gorong-gorong meluap dan merembes ke bawah badan jalan. “Rembesan air inilah yang membuat material bawah badan jalan tergerus dan ambles,” ujarnya.