Sampah Menggunung di Trotoar Kawasan Pendidikan Jatinangor

by

Seusai libur tahun baru, sejumlah warga di Jatinangor mengeluhkan terkait adanya tumpukan sampah di beberapa titik ruas jalan raya Jatinangor.

Kondisi itu, mengganggu kenyamanan juga mencemari lingkungan akibat bau yang bersumber dari sampah itu.

“Tidak nyaman saja, karena sampah dibiarkan menumpuk di trotoar jalan,” ujar Ketua RW 05 Desa Cibeusi, Devi Supriyadi, Rabu (2/1/2018).

Ia mengatakan, terlihat beberapa titik tumpukan sampah, yang disimpan diatas trotoar jalan.

“Selain bau yang menyengat juga mengganggu aktivitas pejalan kaki karena disimpan diatas trotoar dan terlihat di sekitar bekas pangkalan damri dan disekitar depan rumah makan Suharti,” tuturnya.

Biasanya, kata dia, jarang terlihat tumpukan sampah tersebut, mungkin karena para pekerja pengangkut sampah sedang libur jadi tidak diangkut.

Sementara pengawas lapangan Komunitas Peduli Sampah Jatinangor (KPSJ) Wawan mengatakan, pengangkutan sampah dilakukan setiap hari, yang mayoritas merupakan sampah rumah tangga.

“Kami pastikan sampah yang menumpuk itu sampah liar, karena hampir tiap hari sampah selalu diangkut. Setiap pengangkutan kami lebih memprioritaskan pelanggan KPSJ dulu selanjutnya sampah umum,” ucapnya.

Wawan menambahkan, setiap harinya tumpukan sampah di Jatinangor bisa terkoordinir oleh KPSJ yang langsung membuangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Cibeureum

 

 

 

Sumber : https://kabarpriangan.co.id