Satpol PP Kabupaten Sumedang Sita Ratusan Botol Miras

by -133 views

Ratusan botol minuman keras (Miras) berbagai jenis berhasil disita petugas gabungan dari Satpol PP Kabupaten Sumedang dibantu warga, kemarin. Penyitaan tersebut, berdasarkan hasil laporan masyarakat atas banyaknya aksi penjualan miras.

“Satpol PP Kabupaten Sumedang, bekerjasama dengan masyarakat sekitar berhasil menyita ratusan botol miras yang siap jual di Toko Ape. Dari ratusan botol miras tersebut, jenis minuman yang disita memiliki harga jual yang berbeda-beda,” kata kasi Penyelidikan dan Penyidikan, Satpol PP Kabupaten Sumedang, Yudi Prasetyo.

Dari operasi tersebut, katanya, pihaknya berhasil menyita sekitar 108 botol miras dengan berbagai jenis atau campuran. “Disini kita ambil semua dari yang murah sampai yang mahal,” kata Yudi Prasetyo.

Yudi juga menegaskan, operasi tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah kota. Tapi akan terus menyasar ke wilayah lainnya. “Kita memang sudah melakukan pengawasan di wilayah ini. Termasuk juga di wilayah lainnya seperti Jatinangor,” ujarnya.

Operasi yang bekerjasama dengan masyarakat sekitar tersebut, selain merespon laporan warga, tapi merupakan upaya dalam penegakan perda kabupaten Sumedang. “Ya ini juga merupakan dalam rangka penegakan ketertiban daerah. Kan itu tercantum dalam Perda Nomor 7 tahun 2014 pasal 8,” sebutnya.

Dalam upaya penggeledahan yang dilakukan oleh sejumlah anggota Satpol PP tersebut, sempat mendapat perlawanan dari pemilik toko. “Ya perlawanan memang selalu ada, tapi hanya sebatas adu mulut saja,” tutur Yudi.

Sementara itu, salah seorang warga Gang Ita RT 05 RW 01, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Abdul Goni, berharap agar pemerintah atau aparat berwenang bisa memberantas penyakit masyarakat yang selalu minum minuman beralkohol.

“Harapan kami dari masyarakat, agar peredaran miras itu harus ditutup. Sumedang itu kan Kabupaten yang agamis, masa banyak jualan miras,” tuturnya menambahkan.