Satpol PP Sumedang Gagalkan Pendistribusian Miras

by -17 views

Satpol PP Sumedang Gagalkan Pendistribusian Miras

Jatinangorku.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Sumedang menggagalkan pendistribusian minuman keras (miras) ke sejumlah toko dan kios jamu di wilayah Sumedang, Kamis (17/7) pukul 04.30 WIB. Dari operasi tersebut, mobil boks nopol D 8692 DG yang tengah menurunkan puluhan dus miras berbagai merek di Lingkungan Gending, Kel. Kota Kulon, Kec. Sumedang Selatan diamankan.

Puluhan dus miras yang diturunkan tersebut berisi arak, Anggur Merah, Intisari, Newport, Kamput, Iceland, dan beberapa merek lainnya.

Saat diinterogasi petugas, sopir mobil boks, Agus Sudiana (30), mengakui barang haram tersebut memang akan didistribusikan di wilayah Sumedang. “Sebelum penyergapan, kami mengikuti jejak pelaku yang mendistribusikan barang haram tersebut ke sejumlah toko dan kios jamu,” kata Kasi Penyidikan Satuan Potpol PP Kab. Sumedang, Yudi Prasetyo.

Hari itu juga pelaku berikut barang bukti diserahkan ke Pengadilan Negeri Sumedang guna menjalani proses hukum tindak pidana ringan (tipiring). Yang bersangkutan terbukti melanggar Perda No. 17/2003 tentang Pelarangan Minuman Beralkohol. “ Mudah-mudahan, apa yang kami lakukan ini bisa meminimalisasi peredaran minuman keras di tengah masyarakat,” tandasnya.

Sudah diawasi

Dijelaskan Yudi, aktivitas para pe­laku sudah diawasi sejak malam hari ketika mereka mendistribusikan miras ke sejumlah toko. Namun pelaku tidak langsung digerebek, dengan alasan situasi kurang tepat dan tidak menguntungkan.

Selain itu, lokasinya sangat terbuka. Sehingga dikhawatirkan pelaku bisa dengan mudah kabur dari sergapan. “Karena itu, aparat mengatur siasat untuk menyergap pelaku di lokasi yang sempit. Kesempatan akhirnya berpihak pada kami. Mobil pelaku masuk ke Lingkungan Gending. Di sini pelaku kami sergap saat tengah menurunkan miras,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/