Sebelum Digenangi, Rampungkan Penyelamatan Situs di Waduk Jatigede

by -38 views

Jatinangorku.com – Penyelamatan puluhan situs yang menjadi bagian sejarah Sumedang, yang berada di kawasan Waduk Jatigede, harus segera rampung sebelum dilakukan penggenangan. Dalam implementasinya, kebijakan relokasi dianggap jalan terbaik untuk menyelamatkan keberadaan situs sejarah termasuk makam leluhur Sumedang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari mengatakan, ada 48 situs sejarah dan termasuk makan leluhur Prabu Aji Putih, yang tersebar di kawasan calon genangan Waduk Jatigede.

Dari 48 situs sejarah itu, baru 33 situs yang sudah direlokasi. termasuk makam leluhur Prabu Guru Aji Putih, baru 33 situs yang telah direlokasi, dan sebanyak 15 situs masih dalam proses pemindahan.

“Relokasi situs dan makam di wilayah tergenang Jatigede merupakan solusi dari pemerintah, untuk menyelamatkan keberadaan situs sejarah di wilayah itu. Untuk itu, sebelum Waduk Jatigede digenang, relokasi ke 15 situs sejarah yang ada di sana harus sudah rampung dilaksanakan,” tegas Nunung yang ditemui usai membuka Pasanggiri Seni Calung Kreasi ke VI Tingkat Jawa Barat di Sumedang di Gedung Kesenian Kabupaten Sumedang

Sumber : http://www.galamedianews.com/