Sebulan, Haurngombong Sulit Air Bersih

by

Sebulan, Haurngombong Sulit Air BersihWarga Kampung Pangaseran RT 4 RW 4 Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan, mengalami kesulitan air bersih. Kekurangan air di wilayah desa tersebut, jika tidak segera ditanggulangi kemungkinan akan meluas.

“Baru tahun ini saja desa kami kekurangan air bersih. Padahal tahun sebelumnya pada musim kering yang sama tidak separah tahun ini,” kata Komariah, 34, warga Kampung Pangaseran Desa Haurngombong, kepada Sumeks, kemarin (21/9).

Beruntung, ada petugas yang memberikan bantuan air bersih sehingga kekurangan air tidak sampai parah karena ada pasokan air gratis. “Sebenarnya kami inginya air bersih ini dikirim setiap hari selama musim kemarau,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Haurngombong Cecep Saepudin mengatakan, kekurangan air bersih di wilayahnya terjadi sekitar sebulan ini. Biasanya di beberapa kampung wilayah desanya, tidak pernah kekurangan air bersih.

Sebenarnya air sumur warga masih ada, hanya saja debitnya berkurang. Dengan berkurangnya air bersih, pihak desa segera berkoordinasi dengan kepolisian, kecamatan maupun koramil.

“Akhirnya warga mendapat bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan akibat kekurangan air bersih. Bantuan itu datang dari Forum Pimpinan Komunikasi Kecamatan Pamulihan dengan memberikan batuan sepuluh
ribu liter air bersih,” terangnya,

Camat Pamulihan Hari Tri Santosa yang langsung terjun ke loaksi, mengaku penyaluran air bersih ini bekerjasama dengan tiga pilar bhabinkantibmas dari polsek, koramil dan Desa Haurngombong. Setelah berkoordasi, pihaknya langsung mengirim air bersih ke perkampungan warga yang membutuhkan.

“Di wilayah desa ini bukan kekeringan, tetapi kekurangan air bersih karena kemarau tahun ini cukup panjang sehingga debit di sumur warga berkurang. Tetapi kekurangan air bersih juga tidak semua warga hanya sebagian saja,” ucapnya.

Pengiriman air bersih kepada warga mendapat pengawalan petugas kepolisian dari Polsek Pamulihan. “Pengiriman air bersih ini dikhususkan kepada sebagian warga Desa Haurgombong karena desa lainya di wilayah hukum Polsek Pamulihan belum ada permintaan,” tutur Kapolsek Pamulihan Iptu Agus Permana menambahkan

Sumber  : https://www.sumedangekspres.com