Segera Bentuk Tim Pengkaji Wacana KPJ Terlupakan

by -24 views

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 wilayah Jatinangor dan Cimanggung, kembali akan membahas wacana kawasan perkotaan Jatinangor (KPJ).

DPRD dan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Kab. Sumedang, sepakat akan mengimplementasikan wacana KPJ tersebut dengan membentuk tim percepatan pembangunan yang di antaranya mendorong KPJ.

“Wacana KPJ semakin terlupakan. Padahal, rencana yang dibahas beberapa tahun lalu itu, kajian akademisnya cukup matang dan menelan anggaran besar,” kata anggota DPRD Kab. Sumedang periode 2014-2019, Dudi Supardi kepada sejumlah wartawan di Media Center Kecamatan Jatinangor, Jumat (29/8).

Menurutnya, Jatinangor harus mendapat perhatian serius dari Pemkab Sumedang karena pertumbuhan ekonomi dan penduduknya cukup cepat.

“Situasi dan kondisi Jatinangor berbeda dengan beberapa kecamatan lainnya di Sumedang. Ini yang harus jadi catatan, peluang Jatinangor sangat besar untuk menjadi kawasan perkotaan,” ujarnya.

Solusinya, segera bentuk tim yang akan mendorong prolegda menuju peraturan daerah (perda). Ia berharap, perda tersebut benar-benar mewadahi dan diimbangi dalam hal anggarannya.

“Kajian akademis terkait KPJ itu sudah ada. Hanya, dewan mau serius apa tidak untuk kembali mendorong KPJ? Semoga dengan banyaknya dewan baru dari Jatinangor, semua bisa kompak mendorong KPJ,” ungkap Dudi.

Kantor tersendiri

Ia mengakui, tingkat persoalan sosial di Jatinangor cukup tinggi. Maka untuk menyeimbangkannya dibutuhkan tempat/perkantoran para abdi negara yang representatif.

“Kantor harus terpisah dengan ruang SKPD, sehingga rencana induk pemerintahan kecamatan (RIPK) pun bersifat mendesak untuk segera dibangun,” terangnya.

Bahkan, dia berjanji akan segera mengusulkan ke Pemkab Sumedang agar jumlah anggota Satpol PP di Jatinangor diperbanyak untuk mengimbangi berbagai permasalahan.

“Jika ada KPJ, pasti harus ada manajer kota. Siapa pun manajernya, yang penting mau bekerja untuk kemajuan Jatinangor,” tutupnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/