Segera Usulkan Plt. DPRD Harus Nonaktifkan Bupati

by -36 views

Jatinangorku.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang diharapkan segera menggelar rapat untuk menonaktifkan Bupati Sumedang, H. Ade Irawan. Ini menyusul penetapan status tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat dalam kasus dugaan korupsi perjalanan Dinas DPRD Kota Cimahi tahun anggaran 2011.

Demikian dikatakan Ketua Forum Komunikasi Bandung Sumedang (FKBS), Apih Djadja Dipraja saat ditemui “GM” di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Senin (29/9).

“Secara etika politik, moral serta kebiasaan dari Partai Demokrat yang mengusung, bupati harus segera mengundurkan diri dari jabatannya. Sebab kebijakannya dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini,” katanya.

Menurut Apih, permasalahan ini jangan sampai menjadi celah bagi para anggota dewan di Kab. Sumedang untuk mencari kesempatan dalam kesempitan.

“Dewan jangan memaksakan kehendak mencalonkan wakil bupati, karena ujung-ujungnya akan ada gratifikasi dan nantinya pasti akan kembali berurusan dengan hukum,” ujarnya.

Menurutnya, alternatif yang harus dilakukan dewan yaitu memberikan rekomendasi kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan tentang penunjukan pejabat pelaksana tugas (plt.) bupati. Penunjukan plt. didasarkan pada tujuan agar roda pemerintahan Kab. Sumedang tetap berjalan.

“Jangan sampai nantinya roda pemerintahan malah amburadul. Menurut saya alternatifnya plt. Bupati itu,” katanya.

Apih berharap Gubernur Jabar segera menyikapi persoalan di Sumedang. Peran gubernur dinilai sangat penting dalam permasalahan ini.

Bagi DPRD Sumedang, lanjutnya, mempersiapkan kader terbaik untuk diusung menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang menjadi agenda yang harus segera dilakukan.

“Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang, jangan terprovokasi. Pemerintah pusat melalui gubernur pasti proaktif,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/