Selain Soroja, Tol Bocimi dan Cisumdawu Pun Dikebut

by -22 views

 

Selain tol Soroja, Pemerintah Provinsi Jabar juga tengah fokus melakukan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Pembangunan tol dengan investasi Rp14 triliun itu akan dikebut guna menjadi saaran pendukung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka.

“Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12 km dan Seksi II Rancakalong-Sumedang 17,05 km itu ditargetkan selesai 2017 mendatang. Sisanya 2018 mudah-mudahan selesai,” ucap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (4/5/2016).

Dia menuturkan, pembangunan tol Cisumdawu hingga saat ini tidak ada yang meleset. Menurut dia, seluruh pembangunan berjalan sesuai dengan target.

“Secara keseluruhan akan kita detailkan lagi. Ini akan dikebut ketika masalah administrasi selesai,” ujarnya.

Selain Cisumdawu, Pemprov juga tengah fokus membangun jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Menurut Aher, tol tersebut menunjukan progres yang cukup baik. Proses pembebasan lahan sudah mencapai 94,5%.

“Kita meminta pihak ketiga untuk melakukan pendekatan sosial kepada masyarakat agar proses pembebasan lahan dapat berjalan lancar,” jelas dia.

Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa menerangkan lebih detail. Untuk tol Soroja, kata dia, pembebasan lahan jalan tol sudah mencapai 90,08%. Proses pembebasan satu tanah dan bangunan wakaf masjid tengah dalam proses penyelesaian di Kementerian Agama Kabupaten Bandung.

“Untuk Tol Bocimi seksi I saat ini pengadaan tanahnya mencapai 94,57%. Kami sudah meminta Sekda Sukabumi untuk membantu proses pembebasan lahan,” ujarnya.