Selain Tahu, Sumedang Punya Gunung Manglayang Nan Mempesona

by -38 views
Selain Tahu, Sumedang Punya Gunung Manglayang Nan Mempesona
Selain Tahu, Sumedang Punya Gunung Manglayang Nan Mempesona

 Selain Tahu, Sumedang Punya Gunung Manglayang Nan Mempesona

Jatinangorku.com – Kalau traveling ke Sumedang, jangan hanya membeli tahunya yang legendaris. Wisata gunungnya juga oke. Gunung Manglayang setinggi 1818 mdpl menawarkan pemandangan indah Kota Sumedang di saat malam dari puncaknya.

Gunung Manglayang berada di antara dua kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Lokasi gunung ini dekat dengan Kampus IPDN dan Unpad Jatinangor. Dengan ketinggian dan trek yang tidak terlalu sulit, maka tak jarang gunung ini dijadikan tempat untuk pengenalan pendakian oleh komunitas pecinta alam dari kampus tersebut.

Ada beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncak, antara lain melalui Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda Kabupaten Bandung, Palintang Ujung Berung, Kabupaten Bandung, dan Baru Beureum Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Pada pendakian kali ini saya menggunakan jalur Baru Beureum, dimana dari titik pendakian awal hingga puncak dapat ditempuh dengan waktu 2 hingga 3 jam saja.

Meskipun gunung ini tidak tinggi menjulang, namun dari atas gunung ini kita bisa menikmati panorama alam yang bisa membuat hormon endorphin kita tinggi menjulang. Panorama indah itu bisa kita nikmati dari Puncak Bayangan, sedangkan di puncak utama kita tidak bisa melayangkan jauh-jauh pandangan kita karena puncak utama gunung ini hanya berupa tanah yang agak lapang yang terletak di tengah rimbunnya hutan.

Berkemah di Puncak Bayangan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menikmati keindahan dari gunung ini. Pada malam hari, kita bisa menikmati taburan bintang yang menghiasi angkasa serta eloknya pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Sumedang.

Pada pagi harinya, dari titik yang sama kita bisa menikmati detik-detik matahari terbit perlahan muncul dari garis horizonnya dan disertai dengan rangkaian perbukitan yang menampakkan keindahan diri dari kejauhan

Sumber : http://travel.detik.com