Seleksi Masuk IPDN Ternyata Ada 10 Rangkaian Seleksi, Ini Tahapannya

by -47 views

Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi incaran banyak anak muda yang baru menyelesaikan pendidikan SMA.

Setiap tahunnya, ribuan siswa mendaftar ke kampus kedinasan yang berafiliasi dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tersebut.

Tapi tahukah anda ada berapa tahap seleksi untuk dapat diterima menjadi praja di kampus impian tersebut? Rupanya tahapan seleksi masuknua cukup rumit dan ketat.

“Tahap seleksi masuk IPDN terdiri dari 10 tahapan,” ujar Rektor IPDN, Ermaya Suradinata dalam sambutannya saat upacara Pelantikan Praja Muda yang dilaksanakan di Kampus IPDN Jatinangor, Selasa (17/10/2017).

Tahap awal, Ermaya Suradinata menjelaskan, dimulai dari pendaftaran awal melalui portal panitia seleksi nasional, kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi pendaftaran elektronik oleh panitian seleksi.

Calon praja yang lulus tahap awal kemudian melaksanakan Tes Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assigment Test, yang dilanjutkan dengan tes kesehatan daerah yang dilaksanakan di 34 ibukota provinsi.

“Tahap selanjutnya tes psikologi integritas dan kejujuran yang juga bertempat di 34 provinsi,” ujar Rektor IPDN tersebut.

Khusus untuk soal-soal integritas dan kejujuran disusun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah seluruh rangkaian seleksi tersebut selesai, calon praja masih harus menghadapi tahap seleksi tes penentuan akhir yang bertempat di kampus IPDN Jatinangoe.

“Karena hanya calon praja terbaik yang dapat diterima menjadi praja IPDN,” ujar Rektor IPDN tersebut.