Semangka Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

by -16 views

Jatinangorku.com – CUKUP banyak orang menganggap semangka sekadar buah pencuci mulut setelah makan besar. Padahal buah ini banyak manfaatnya, termasuk untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian ditemukan, buah semangka mampu mengurangi tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan mengurangi risiko serangan jantung.

“Tekanan pada aorta dan jantung menurun setelah mengkonsumsi ekstrak semangka,” kata Profesor Arturo Figueroa dari Florida State University, seperti dilansir Dailymail, beberapa waktu lalu.

Peneliti menganalisa 13 pria dan wanita obesitas yang menderita tekanan darah tinggi selama 12 minggu. Tangan peserta dicelupkan ke dalam air dingin untuk mensimulasikan kondisi cuaca dingin, sementara peneliti mengukur tekanan darah mereka.

Kemudian setengah dari para peserta mengkonsumsi ekstrak semangka, empat gram asam amino L-citrilline dan dua gram L-arginin per hari. Sisanya hanya mengkonsumsi plasebo. Setelah enam minggu peserta bertukar peran.

Hasilnya, semangka bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres jantung bahkan dalam kondisi dingin. “Jantung akan bekerja dengan mudah pada situasi stres seperti paparan dingin,” kata Profesor Figueroa.

Berita yang juga dimuat dalam American Journal of Hypertension ini muncul setelah terungkap, bahwa bekerja dalam air hangat dapat mengurangi tekanan darah .

Melalui penelitian ini, para peneliti di University of Sao Paulo, Brasil menemukan, aquarobics dalam air hangat dapat menurunkan tekanan darah, bahkan pada orang yang telah mengkonsumsi obat namun tidak bekerja optimal.

Tidak jelas mengapa air hangat memiliki efek ini. Tapi sebuah teori menyebutkan, bahwa panas melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah melalui tubuh.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/