Seminar Nasional UTP UPBM Unpad “Potret Sukses Generasi Berbudaya”

by -230 views



Jatinangor, 14/5

Unit Pencita Budaya Minangkabau Universitas Padjadjaran (UPBM Unpad) kemarin (3/5) mengadakan sebuah seminar nasional kebudayaan yang mengangkat tema “Potret Sukses Generasi Berbudaya”. Seminar yang dilaksanakan di Grha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Dipatiukur ini merupakan salah satu dari empat rangkaian kegiatan peringatan Ulang Tahun Perak (UTP) UPBM Unpad. Seminar ini dibagi menjadi dua sesi dan mengkaji tentang Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya serta Internalisasi Nilai Edukasi Budaya Menuju Suatu Kesuksesan. Pada seminar ini, UPBM Unpad juga meluncurkan sebuah buku yang berjudul ”Ekspresikan Budayaku, Budayamu, Budayamu, Budaya Kita”.

Acara dimulai pada jam 09.00 WIB dan dibuka oleh Tari Galombang Pasambahan yang merupakan tari tradisional Minangkabau. Seminar ini di buka dengan pidato dari Toto Sucipto dan kemudian dilanjutkan dengan seminar sesi satu yang membahas tentang Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya. Sesi ini diisi oleh Indra J. Piliang yang merupakan seorang pengamat sosial politik yang juga sangat memperhatikan budaya dan dilanjutkan oleh Yasraf Amir Piliang, seorang budayawan sekaligus Pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seminar yang dimoderatori oleh Abraham Silaban ini dilanjutkan dengan sesi dua tentang Internalisasi Nilai Edukasi Budaya Menuju Suatu Kesuksesan. Sesi ini diisi oleh orang-orang sukses dengan caranya masing-masing tetapi tetap mempertahankan budayanya masing-masing sebagai identitas diri. Orang-orang sukses tersebut adalah Nancy Margried (co-founder dan CEO Batik Fractal), Ahmad Fuadi (sastrawan dan penulis buku Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna), dan Hikmawan Saefullah (akademisi dan musisi).

Seminar ini dihadiri oleh Toto Sucipto, Kepala Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Bandung sebagai perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan. Pada acara tersebut juga hadir Priana Wirasaputra, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Bandung, dan Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa selaku Direktur Kemahasiswaan Unpad.

Pada acara seminar ini juga dilakukan peluncuran buku yang juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ulang Tahun Perak UPBM Unpad. Buku tersebut merupakan hasil dari kumpulan karya-karya pemenang Lomba Esai yang merupakan rangkaian pertama kegiatan Ulang Tahun Perak UPBM Unpad dan juga ditambah dengan beberapa tulisan dari akademisi dan budayawan. Buku yang didedikasikan bagi dunia pendidikan dan kebudayaan ini diserahkan secara resmi pada saat seminar tersebut kepada Universitas Padjadjaran melalui Heryawan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa UPBM Unpad telah memasuki usia mapan untuk sebuah organisasi. “Harapan kami, bahwa UPBM dapat terus melebarkan sayapnya bukan hanya tingkat nasional, tapi juga internasional,” ungkapnya.

Seminar tersebut dihadiri oleh lebih dari 90 orang peserta yang berasal dari bermacam-macam universitas di Indonesia. Seminar yang berakhir pada jam 14.00 WIB ditutup dengan penyerahan plakat kepada masing-masing pembicara oleh Ketua UPBM Unpad, Fazri Akil, dan Ketua Pelaksana kegiatan perayaan Ulang Tahun Perak UPBM Unpad, A. Syauki Mahmudi.

Seminar nasional dan peluncuran buku ”Ekspresikan Budayaku, Budayamu, Budaya Kita” ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan UTP UPBM Unpad. Selain itu ada kegiatan Lomba Esai tingkat SMA se-Sumatera Barat dan universitas se-Indonesia yang telah dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2011, dan rangkaian kegiatan UTP UPBM Unpad akan ditutup dengan kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2012 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung. Pagelaran yang mengusung cerita ”Another Story of Malin Kundang” ini akan menampilkan kesenian budaya Minangkabau seperti drama, randai, tari, musik, dan masih banyak yang lainnya. Seperti tema besar kegiatan UTP UPBM Unpad ini, yaitu ”Budaya Dalam Genggaman Pemuda, Follow Us to Share Your Culture”, UPBM Unpad melalui kegiatan ini berusaha untuk menyebarkan semangat untuk tetap menjunjung tinggi budaya sebagai identitas diri dan bangsa.

– PanitiaUlang Tahun Perak UPBM Unpad