Seminggu Pasca-Lebaran Harga Sembako Kembali Stabil

by -7 views

Seminggu Pasca-Lebaran Harga Sembako Kembali Stabil

Jatinangorku.com – Setelah membubung tinggi selama Ramadan, satu pekan pasca-Idulfitri, harga sembako di sejumlah pasar tradisional mulai kembali stabil. Di Pasar Sehat Cileunyi, Kabupaten Bandung, harga ayam turun dari Rp 38.000/kg menjadi Rp 28.000/kg.

“Semoga saja harga ayam tidak melonjak lagi, kalau naik lagi bisa membuat pembeli mengeluh. Selain itu cukup membuat rugi pedagang juga karena pendapatan akan berkurang,” kata seorang pedagang ayam, Rasih kepada “GM”, Senin (11/8).

Penurunan harga juga terjadi pada telur ayam. Saat Ramadan lalu, harga telur mencapai Rp 19.000/kg, kini kembali turun menjadi Rp 17.500/kg. Para pedagang mengaku lega dengan turunnya harga ayam dan telur.

“Alhamdulillah pendapatan juga meningkat, karena harga telur stabil lagi. Selain itu ‘kan yang mudik pas bulan Puasa sudah pada kembali, jadi pembeli pun mulai ramai lagi,” ungkap Aan, pedagang telur.

Stabil

Sedangkan harga bawang tidak mengalami fluktuasi. Sejak Ramadan hingga kini, harganya cukup stabil yakni Rp 24.000. Bahkan pembeli tetap terlihat memadati penjual bawang.

“Saya mengharapkannya harganya tetap stabil, jangan sampai melonjak, kalau bisa sih turun,” ujar Ida, penjual bawang.

Ida menambahkan, harga sembako saat ini rata-rata memang mengalami penurunan. Pasalnya biaya perjalanan dari distributor pun turun, yang semulai Rp 4 juta menjadi Rp 2 juta.

Sementara salah seorang pembeli, Ella, mengharapakan harga sembako tidak mengalami kenaikan. “Kalau harga turun kaya gini sih enak, jadi kebutuhan yang lainnya bisa terpenuhi. Jika harganya naik maka kebutuhan lainnya ditunda. Jadi saya rugi,” kata Ella.

Mendekati Iduladha dan Natal, para pedagang memprediksi harga sembako akan naik lagi. Kendati demikian, pedagang di Pasar Sehat Cileunyi sudah mempersiapkan.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/