Senapan Angin Cipacing Jatinangor Diburu Pemudik

by -729 views



JATINANGOR Sumedang – Senapan angin Cipacing yang banyak dipajang di toko-toko di kawasan Jalan Raya Rancaekek atau tepatnya di Desa Cipacing, Jatinangor, banyak diburu pemudik yang melintas.

Mereka yang membeli senapan angin tidak hanya hobi berburu atau berolahraga menembak, tapi juga mengoleksi barang kerajinan termasuk senapan angin.

Di musim mudik saat ini, setiap penjual senapan angin rata-rata mampu menjual satu pucuk senapan angin setiap harinya. Namun di hari biasanya, hanya sekitar tiga pucuk senapan yang mampu dijual dalam satu pekan.

“Sebelum Lebaran dan sesudah Lebaran ketika arus mudik dan arus balik, sudah banyak pemudik yang melihat-lihat senapan angin dan sebagian besar membelinya, jadi sejak H-7 dan H+6 ini, setiap hari ada dipastikan satu pucuk senapan angin laku terjual,” kata Herman (35), salah satu penjual senapan angin, Sabtu (25/8/2012).

Senapan angin ini dijual dari harga Rp150.000 hingga Rp4 juta tergantung jenis dan merek senapan. Ada tiga jenis senapan yaitu senapan angin per atau pegas, senapan angin pompa, dan senapan angin gas. Ketiga jenis senapan ini pun dilabeli merek yang berbeda karena berasal dari produsen yang berbeda.

Menurut Herman, musim laris manisnya senapan angin memang saat liburan termasuk liburan sekolah. Sebagian besar pembeli adalah orang luar kota.

Pada musim mudik Lebaran kali ini, setiap penjual senapan rata-rata mampu meraih keuntungan sekitar Rp 2 juta dalam waktu sekitar 14 hari saja. Biasanya, keuntungan ini diraih penjual dalam waktu satu bulan.

 

sumber : inilah.com