Senapan Angin Cipacing Sudah Ada Sejak 1896

by -109 views

Senapan Angin Cipacing Sudah Ada Sejak 1896

Jatinangorku.com – Pipik Air Rifle’ merupakan toko sekaligus bengkel senapan angin di daerah Cikeruh, Sumedang. Dari luar, tak ada yang aneh dengan toko itu. Padahal Sang pemilik toko Sugeng Suprianto, 30 tahun, mengaku sesepuhnya telah menjual dan merakit senapan angin sejak 1896 disana.

“Ini adalah bisnis turun-temurun keluarga kami,” kata Sugeng, ketika ditemui Tempo dikediamannya, Jumat, 27 September 2013, “Tapi pada 1896, senjata api masih boleh diperjual belikan disini.”

Sebagai pengelola toko dia bercerita bahwa nenek moyangnya dulu, sering bergaul dengan para penjajah belanda, hingga menguasai seluk-beluk senjata api. Dahulu, kata Sugeng, banyak penjajah belanda yang senjatanya macet sehingga meminta sesepuh Sugeng untuk mengoperasi senjata belanda itu.

Bahkan, lanjut dia, nenek moyangnya itu sering dipakai tentara Indonesia, untuk merakit senapan karena keterampilannya.

Namun pada  1960, pemerintah Indonesia melarang peredaran senjata api di kalangan masyarakat. Karena alasan itu pula, Sugeng menerangkan, banyak perakit senjata api di daerahnya berpindah profesi menjadi perakit senapan angin, hingga sekarang.

Dulu, salah satu merek yang terkenal di Indonesia, akan presisi dan daya tembak mendekati senapan angin Eropa adalah senapan angin jenis Sharp Innova. Sedangkan, lanjut Sugeng, yang cukup mudah ditemui di pasaran serta metode produksinya mudah adalah replika Cannon. Sharp Innova sebenarnya merupakan merek senapan angin yang diproduksi di Amerika dan Jepang. Kini merek Innova tersebut diproduksi di bawah lisensi oleh banyak produsen lokal di Indonesia.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/