Seni Celempung Cimanggung Mendunia

by -230 views

Seni Celempung Cimanggung Mendunia

Jatinangorku.com – Celempung dan karinding, salah satu seni tradisional dari Kabupaten Sumedang yang eksistesinya mendunia. Kesenian yang cikal bakalnya berasal dari Kec. Cimanggung tersebut kini semakin diminati masyarakat.

Kesenian tersebut memang cukup unik dan menarik walaupun hanya meggunakan media dari bambu. Selain harganya murah, juga mudah diperoleh. Namun tak semua orang mampu menciptakan alat kesenian itu karena butuh kemampuan khusus dan kejelian.

Butuh keuletan dalam merakit celempung dan karinding agar menjadi daya tarik baik dari suaranya maupun bentuk. Kesenian celempung terdiri dari berbagai alat seperti celempung kempul, mini, renteng, gong, bonang, melodi, seruling, saron, dan keprak (perkusi).

Ogi Dian Yusuf (40), tokoh masyarakat Desa Sindangpakuon, Kec. Kec. Cimanggung, sekaligus pimpinan seni Celempung Kareumbi kepada wartawan, Rabu (25/9), mengatakan, perpaduan tone (nada) yang bersumber dari bambu yang ditiup, dipukul, dan dipetik itu ternyata mampu menghasilkan alunan irama yang kompak dan enak didengar. 

Terlebih, katanya, diberi penyedap seorang biduan (sinden) yang andal, dipastikan mampu menghipnotis pendengar. Bahkan, katanya, semua jenis musik seperti dangdut, degung, jaipong, bahkan rock bisa dimainkan dengan alat musik itu. Sehingga, penonton tak perlu ragu karena kesenian celempung bisa membawakan aneka jenis musik sesuai permintaan.

“Kretivitas seniman lokal dari Cimanggung tak kalah dengan grup kesenian tradisional dan modern saat ini. Buktinya, telah banyak masyarakat Kab. Sumedang, bahkan Jabar, mengundang kesenian celempung dan karinding untuk mengisi acara hajatan dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kesenian yang alat-alat pendukungnya seratus persen berbahan dasar bambu gombong, tali dan bitung itu, kini mulai dilirik oleh masyarakat sebagai media hiburan, khususnya di Kab. Sumedang. Bupati Sumedang, H Endang Sukandar kini turut medorong kesenian celempung dan karinding agar menjadi ikon Sumedang. 

Alhamdulillah, bupati memperhatikan seniman celempung dan karinding. Pasalnya para seniman sekarang sering diundang dalam berbagai kegiatan,” katanya.

Sementara, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kec. Cimanggung, Mamat Hadisaputra mengakui jika kesenian itu ternyata mampu medongkrak popularitas Kab. Sumedang hingga ke mancanegara.

Sumber : http://klik-galamedia.com/