Seni Cikeruhan Berkembang di Jatinangor

by -22 views

Jatinangorku.com – Kreaitifitas Karang Taruna Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang semakin tidak terbendung. Pada Minggu (8/11/2015), para kader penerus bangsa dan negara tersebut mengadakan aneka kreasi seni dan budaya sebagai potensi warga setempat.

Hal itu, bagian dari upaya para pemuda dalam melestarikan dan ngamumule seni budaya Sunda sebagai warisan dari para leluhur. Di antaranya seni dan budaya Cikeruhan.  

Ketua Pelaksana Kreasi Seni dan Budaya Karang Taruna, Desa Cikeruh, Jimmy menyatakan, kreasi seni dan budaya karang Taruna ini bagian dari kegiatan menyambut Hari Sumpah Pemuda.
“Disamping itu, melestarikan seni dan budaya sudah menjadi agenda rutin kami,” kata Jimmy kepada wartawan di Kantor Karang Taruna Desa Cikeruh.

Ia mengatakan, di daerahnya cukup banyak potensi seni dan budaya yang saat ini, masih berkembang dan dilestarikan masyarakat sekitar di antaranya seni dan budaya Cikeruhan.

Seni tersebut, sudah menjadi karakter dan identitas kepribadian seniman dan budayawan Sumedang, khususnya di Desa Cikeruh.

“Seni dan budaya cikeruhan, lahir dan berkembang di Jatinangor,” ujarnya, sambil menambahkan, pihaknya berusaha, untuk terus mengembangkan seni dan budaya cikeruhan tersebut.

Sumber : http://m.galamedianews.com/