Sepuluh Mahasiswa Unpad Jadi Delegasi Indonesia Youth Forum 2013

by -31 views

jatinangorku.com

Sepuluh mahasiswa Universitas Padjadjaran menjadi delegasi dalam gelaran Indonesia Youth Forum (IYF) 2013 yang diselenggarakan Indonesia Student and Youth Forum di Bandung pada 23-26 Mei 2013. IYF merupakan perhelatan forum pemuda nasional yang diikuti oleh 200 pemuda terpilih dari 25 provinsi di seluruh Indonesia.

Ke-10 mahasiswa tersebut adalah Galih Ikhsan F. (Faperta), Yelda LS (Faperta), Soni Sanjaya (Faperta), Said (Faperta), Ananda SM (FISIP), Syafrida (FISIP), Riris (FISIP), Rinaldi (FISIP), Shafira (FEB), dan Razan (Fikom). IYF tahun ini bertem, “Stand Up, Speak Up and Take Action”.

Rangkaian acara IYF 2013 diselenggarakan di sejumlah tempat bersejarah di kota Bandung, diantaranya Gedung Merdeka, Bank Indonesia, Gedung Indonesia Menggugat dan Hotel Savoy Homann. Usai dibuka oleh Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda, rangkaian acara berikutnya adalah “Meet the Leader” diantaranya bersama Bupati Wakatobi, Bupati Belitung Timur, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Luar Negeri Indonesia, dan Kementerian Kesehatan RI.

Juga ada kegiatan “Meet the CEO” diantaranya bersama CEO Jamsostek, CEO Bumbu Desa, Microsoft Indonesia, British Council dan juga Founder Peace Geeneration. Serta juga ada kegiatan pembagian susu gratis di Car Free Day Dago hingga penanaman bakau di Babakan Siliwangi Bandung serta closing ceremony yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo .

“Saya menyambut gembira para wakil dari 25 provinsi, yang berkumpul di Bandung ini, yang bukan hanya mewakili daerah masing-masing, tapi juga mewakili budaya-budaya daerah. Budaya Indonesia sangat kaya, dan luar biasa indahnya. Kita mulai dari hal yang kecil. Dan jangan menyesal memulainya dari hal kecil. Hal yang kecil itu akan menjadi hal yang besar,” ujar Menpora Roy Suryo.

Setiap delegasi wajib mempresentasikan social project yang sudah dilakukan selama ini di hadapan delegasi lainnya yang merupakan syarat utama dalam mengikuti rangkaian kegiatan IYF 2013 ini . Social project yang dilakukan sesuai bidang masing-masing diantaranya bidang pendidikan, lingkungan, sosial, pemberdayaan, exchange, bisnis, teknologi informasi dan lainnya.

“Saya membawa social project bernama agroschooling yaitu tentang edukasi pertanian melalui fun farming lewat tagline “no farmer , no food , no life”. Harapannya, pertanian Indonesia memiliki generasi penerus. Saat ini agroschooling sudah dilaksanakan di desa Hegarmanah Jatinangor bersama teman-teman dari IAAS Unpad dan saya juga tidak menyangka ternyata sambutan dari delegasi daerah lain yang mengatakan program ini unik dan sangat penting pelaksanaanya,” ujar Galih Ikhsan F, salah satu delegasi Unpad .

Indonesia Youth Forum sendiri akan dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya dan tahun 2014 nanti Wakatobi berkesempatan menjadi kota penyelenggara. Jadi bagi yang berminat mengikuti IYF 2014, persiapkan diri dari sekarang dimulai dari keinginan untuk hal kecil tapi nyata bagi masyarakat sekitar kita.*

Rilis: Delegasi Unpad di IYF 2013

Sumber: unpad.ac.id