Serentak Se-Jawa Barat Anggota DPRD Resmi Dilantik

by -96 views

Serentak Se-Jawa Barat Anggota DPRD Resmi Dilantik

Jatinangorku.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih di sejumlah daerah di Jawa Barat secara resmi dilantik. Mereka akan mengemban tugas untuk masa bakti 2014 hingga 2019.

Di Kab. Sumedang, pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sumedang, Ari Widodo, S.H. dalam agenda rapat paripurna istimewa DPRD Kab. Sumedang di Gedung DPRD Kab. Sumedang, Rabu (13/8).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri Bupati Sumedang Drs. H. Ade Irawan, M.Si., Kabiro Pemerintahan Umum Setda Provinsi Jabar (mewakili Gubernur Jabar Ahmad Heryawan) Abas Basari, Sekda Kab. Sumedang H. Zaenal Alimin beserta kepala dinas dan OPD (organisasi perangkat daerah), Kapolres Sumedang Yully Kurniawan, Dandim 0610 Sumedang Sri Welianto, KPU Kab. Sumedang, pimpinan parpol, tokoh agama, dan tokoh masyarakat serta tamu undangan penting lainnya.

Dalam rapat paripurna, Sekretaris DPRD, Achmad Kusnadi secara resmi membacakan Surat Keputusan Gubernur Jabar No. 171/Kep.945-Pem-Um/2014 tentang Peresmian Pemberhentian Keanggotaan DPRD Kab. Sumedang Masa Jabatan 2009-2014 dan SK Gubernur Jabar No.171/Kep.946-Pem-Um/2014 tentang Peresmian Pengangkatan Keanggotaan DPRD Kab. Sumedang Masa Jabatan 2014-2019 tertanggal 4 Agustus 2014.

Acara dilanjutkan pada serah terima jabatan pim­pinan dewan lama kepada pimpinan sementara. Serah terima secara simbolis dilakukan Ketua DPRD Kab. Sumedang lama, Yaya Widarya kepada ketua pim­pinan DPRD sementara, H. Dede Suwarman dari PDIP. Setelah penyampaian sambutan bupati dan gubernur yang dibacakan oleh Abas Basari, akhirnya rapat paripurna selesai dengan aman dan lancar.

Panik

Ketua DPRD Kab. Sumedang lama, Yaya Widarya mengatakan, atas nama pimpinan beserta anggota DPRD periode 2009-2014, pihaknya memohon maaf kepada seluruh masyarakat Kab. Sumedang apabila ada berbagai kekurangan saat menjalankan tugas. “Mudah-mudahan berbagai kekurangan itu bisa disempurnakan oleh anggota dewan baru. Terima kasih kepada Pemkab Sumedang, muspida, dan seluruh lapisan masyarakat Sumedang atas bantuan dan kerja samanya,” katanya.

Sebelum rapat paripurna istimewa DPRD Kab. Sumedang dalam rangka pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kab. Sumedang masa bakti 2014-2019 dimulai, semua yang datang sempat dibuat panik, karena listrik di ruangan sempat padam. Bahkan terdengar teriakan “Awas sabotase” dari dalam ruangan.

Namun tak lama kemudian, listrik menyala lagi hingga rapat paripurna kembali dilanjutkan, dan situasinya kembali normal.

Dijaga ketat

Sementara pelantikan anggota DPRD Kab. Garut di Aula Gedung DPRD Garut, Jln. Patriot diawasi secara ketat.

Pihak kepolisian memberlakukan sistem tiga ring dalam mengamankan proses pelantikan tersebut. Ratusan personel dari Polres Garut dan Kodim 0611 Garut terlihat berjaga-jaga di sekitar gedung DPRD dan jalan-jalan menuju kompleks Gedung DPRD Garut.

Sekretaris DPRD Kabupaten Garut, Teti Saripeni menuturkan, pelantikan anggota DPRD Garut periode 2014-2019 tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 104 juta. Menurutnya, sehari setelah dilakukan pelantikan, yakni pada Rabu (14/8), selanjutnya para anggota dewan terpilih akan mengikuti orientasi dan sosialisasi mengenai tugas-tugas setwan. Setelah itu, orientasi akan dilanjutkan dengan sejumlah mitra kerja komisi, di antaranya SOPD Pemkab Garut.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/