Setengah dari Komunitas Adat Terpencil di Indonesia Belum Tersentuh

by -30 views

Setengah dari Komunitas Adat Terpencil di Indonesia Belum TersentuhSejak jaman reformasi, komunitas terpencil lekat dengan citra buruk seperti primitif dan terbelakang.

Setelah reformasi, dibuat istilah yang memiliki kesan lebih baik bagi masyarakat terpencil, yaitu Komunitas Adat Terpencil (KAT), tujuan pemilihan istilah khusus tersebut agar lebih manusiawi.

Hal tersebut diungkapkan Duta KAT, Krisna Mukti, ketika ditemui Tribun Jabar di Kampus Fisip Unpad Jatinangor, Rabu (18/10/2017).

“Yang diperlukan saat ini adalah sosialisasi pada seluruh laposan masyarakat agar mereka memiliki awareness terhadap KAT ini,” ujar Krisna Mukti.

Krisna Mukti menjelaskan, KAT masih awam di masyarakat sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui keadaan ataupun kondisi masyarakat di KAT.

Menurut data resmi tahun 2017, masih ada sejumlah 231.268 kepala keluarga yang masuk dalam kelompok Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang tersebar di seluruh Indonesia

Dari ratusan ribu kepala keluarga tersebut baru sekira seratus ribu kepala keluarga yang sudah diberdayakan, sementara ratusan ribu kepala keluarga lainnya masih belum tersentuh.

Padahal, menurut Duta KAT 2017 tersebut, sangat penting melakukan pemberdayaan pada masyarakat yang masuk dalam KAT.

Pemberdayaan KAT, tambahnya, bukan upaya menurunkan angka persebaran lokasi KAT semata, namun juga hal yang lebih mendasar.

“Bagaimana aspirasi warga KAT terkait pemenuhan kebutuhan dasar dan layanan publik itu tersampaikan,” ujar Krisna Mukti.

Untuk itu, Krisna Mukti berharap ada awareness dan perhatian dari masyarakat luas pada KAT agar bersama-sama pemerintah menaikkan taraf hidup masyarakat KAT.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com