Setiap Desa di Sumedang Dapat Rp 50 Juta, Awasi Penggunaannya

by -94 views

Desa mendapat stimulan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar untuk tahun 2016. Besarnya bantuan Rp 50 juta setiap desanya dan diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan Desa, KB dan Pemberdayaan Perempuan, Teddy Mulyono mengatakan bantuan keuangan itu Rp 50 juta per desa. Komposisinya adalah 90 persen% untuk pengadaan bahan termasuk pajak dan 10 persen untuk bantuan upah tenaga kerja, ATK, pelaporan, papan nama kegiatan dan dokumentasi.

“Bantuan keuangan dari Pemprov Jabar untuk infrastruktur perdesaan tersebut bersifat stimulan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa,” kata Teddy saat sosialisasi kepada camat dan kepala desa di gedung Islamik Center, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, bantuan stimulan ini untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong yang dimiliki masyarakat desa. Dari 270 desa, pembangunan infrastruktur perdesaan melalui proposal yang masuk dan telah dipakai adalah untuk jalan desa atau jalan lingkungan sebanyak 79 desa, tembok penahan tanah (TPT) sebanyak 74 desa, drainase sebanyak 20 desa, irigasi desa oleh 6 desa, jembatan desa sebayak 6 desa, sarana prasarana air bersih 2 desa, pembangunan atau rehab kantor desa sebanyak 82 desa dan untuk pembangunan toilet atau jamban umum sebanyak 1 desa.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi jaminan kesehatan dari BPJS. Kepala Desa dan Perangkat Desa menerima penghasilan tetap setiap bulan, tunjangan dan penerimaan lainnya yang sah serta mendapat jaminan kesehatan. “Namun saat ini, baru kepala desa yang akan mendapatkan jaminan kesehatan tersebut,” katanya