Setiap Tahunnya Sekitar 25.000 Warga Pendatang di Jatinangor

by -46 views

SETIAP tahun diperkirakan mencapai 25.000 jiwa warga pendatang yang melaksanakan berbagai kegiatan di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Warga pendatang yang menetap sementara waktu di Jatinangor itu di antaranya dalam kegiatan pendidikan (pelajar/mahasiswa), selain pekerja maupun pelayan jasa.

Hal itu dikemukakan Camat Jatinangor, Syarif Effendi Badar kepada wartawan di ruang kerjanya di Jatinangor, Senin (19/11/2018). 

Menurut Syarif, puluhan ribu warga pendatang itu, mayoritas adalah pelajar/mahasiswa yang melaksanakan pendidikan di Universitas Padjadjaran, Institut Pendidikan Dalam Negeri, Institut Teknologi Bandung, Institut Manajemen Koperasi Indonesia dan lembaga pendidikan lainnya. Jatinangor merupakan kawasan pendidikan dan menjadi perhatian nasional. 

“Selain para pendatang itu merupakan pelaku usaha yang bergerak dalam bidang jasa maupun para pekerja. Jadi warga pendatang yang menetap sementara di Jatinangor itu keluar masuk,” kata Syarif. 

Ia mengatakan, pihaknya berusaha untuk mengantisipasi permasalahan lingkungan di antaranya dalam pengelolaan sampah. Hal itu untuk menghindari pembuangan sampah sembarangan, seperti yang terjadi di Sungai Cibeusi. 

Di sungai tersebut ditemukan tumpukan sampah rumah tangga yang  menggunung.  Namun akhirnya, penumpukan sampah yang menggunung di Sungai Cibeusi itu dibersihkan/ditangani warga sekitar.

 

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com