Siapkan Dirimu! Lulusan Ikopin Ujung Tombak Gerakan Koperasi di Indonesia

by -27 views

Siapkan Dirimu Lulusan Ikopin Ujung Tombak Gerakan Koperasi di Indonesia Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) mewisuda 307 sarjana angkatan 44, tahun 2017 di Grha Ikopin Jatinangor, Sabtu (16/9).

Dari ke 307 sarjana yanh telah diwisuda tersebut terdiri dari 242 orang lulusan progran sarjana manajemen, 56 orang lulusan program magister manajemen dan 9 orang lulusan Diploma Tiga (D3).

Rektor Ikopin, Burhanudin Abdullah mengatakan, dengan diwisudanya 307 sarjana tersebut maka jumlah alumnus Ikopin saat ini berjumlah sekitar 13.500 orang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Lulusan Ikopin angkatan ke-44 tersebut, kata dia, diharapkan gerakkan koperasi di Indonesia akan semakin marak.

“Dengan setiap tahunnya lulusan berjumlah 300 orang dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia tentunya akan memberikan nafas baru bagi gerakan koperasi,” katanya kepada wartawan usai memimpin wisuda.

Selain itu, tambah Burhanudin, lulusan Ikopin merupakan ujung tombak gerakan koperasi di Indonesia. Sehingga, para wisudawan harus mempersiapkan diri untuk mengemban tugas, menaklukkan tantangan dan berkompetisi di dunia kerja yang semakin berat.

“Pengetahuan dan keterampilan yang telah diemban selama di Ikopin belumlah cukup untuk mengoptimalkan peran mereka di masyarakat. Maka dari itu mereka tidak boleh merasa puas,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, dunia perkoperasian di Indoenesia pada hari ini juga tidak selalu menghasilkan kabar baik. Salah satunya, banyaknya koperasi di Indonesia yang masih berpegang pada esensi kuantitas dan semakin bertambah banyak.

Namun, tambah banyaknya koperasi itu tidak diiringi dengan kualitas dan perannya bagi masyatrakat dan kesejahteraaan anggotanya. Sehingga, keberadaan koperasi di Indonesia hanya tinggal nama tanpa fungsi yang jelas.

“Tempo lalu jumlah koperasi ada 220 ribuan. Kementerian koperasi melakukan revitalisasi dan tinggal sekitar 158 ribuan. Jika dilihat lebih dalam kurang dari setengahnya yang fungsinya jelas dan berperan bagi masyarakat dan anggotanya,” kata dia.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/