Social Media Marketing (Bisa) Gratis

by -20 views
Social Media Marketing (Bisa) Gratis
Social Media Marketing (Bisa) Gratis

 Social Media Marketing (Bisa) Gratis

YP Nugraha adalah praktisi social media marketing , founderSedekahPendidikan.org ”Sedekah sekaligus membangun bangsa”

 

Hal klasik yang sering kita dengar dalam membuat startup atau bisnis baru, yaitu budget. Keterbatasan budget menyentuh semua lini dalam startup tersebut termasuk di dalam marketing, padahal majunya sebuah startup tergantung dari penjualan produk yang diproduksi, untuk menyebarluaskan info mengenai produk tersebut dibutuhkan proses marketing. Tanpa marketing perusahan sebesar apapun tak akan bisa berjalan sebagai mana yang diharapkan. Dengan marketing sebuah startup bisa memberikan informasi tentang keberadaannya serta produk yang dibuat.

Marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara, menggunakan tv, radio, Koran, spanduk, brosur, dan dibeberapa tahun terahir ini Sosial media menawarkan chanel baru untk marketing bisnis anda. Hadirnya platform sosial media seperti facebook, twitter, pinterest, instagram memudahkan anda untuk menjangkau target market asalkan tahu strateginya.

Ada yang mengatakan bahwa marketing di social media tidak gratis atau harus mengeluarkan uang banyak, pernyataan ini bisa benar bisa juga salah. Hal ini salah Jika biaya itu diukur dari uang, maka marketing social media bisa dilakukan tanpa menggunakan uang alias modal dengkul, bisa dijalankan dengan modal  tenaga dan waktu, ditambah perangkat seadanya baik laptop atau computer dan pastinya internet. Biaya yang dikeluarkan hanya sebatas itu saja, jika anda marketing dengan modal uang ratusan juta menghasilkan ratusan juta itu bisa, tapi dengan social media anda bisa marketing modal account gratisan dan mengthasilkan ratusan juta. Keren kan..

Salah satu media social yang ramai saat ini adalah Twitter.  Twitter adalah media sosial untuk berbagi pesan singkat berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat  hingga januari 2013 terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar dan 200 juta diantaranya adalah pengguna aktif. Twitter merupakan social media kedua terbesar setelah facebook. Banyaknya user di twitter bisa anda manfaatkan untuk perkembangan bisnis anda.  Beberapa Tips untuk melakukan promosi dengan twitter dengan modal tenaga dan waktu saja.

 

Riset Awal

Sebelum masuk lakukan riset awal terlebih dahulu. Jika memang target pasar anda ada di dalam sosial media tersebut maka marketing ini layak dilakukan. Caranya dengan melihat pesaing anda pelajari tweetnya dan lihat inyeraksi usernya.

 

Target Market

Tentukan target market anda dan dari mana anda melihat target market anda. Untuk mendapatkan target market di twitter beberapa hal yang bisa anda cek:

  1. Keyword di timeline
  1. Interest
  1. Gender
  1. Lokasi/geography
  1. Followers account yang sama dengan bisnis anda

 

Jangka Panjang

Jangan terburu buru sehingga melakukan kegiatan yang terlalu berlebihan perlu diingat sosial media ini bukan milik kita sehingga aktifitas yang berlebihan bisa menjadikan acount anda di blokir/ di suspend, promosi dengan Sosial media lebih ke arah jangka panjang. Kenalkan produk kita dengan natural layaknya seperti bercerita ke sahabat.

 

Bukan Hardselling 

Sosial media bukan untuk hard selling tapi untuk soft selling. Usahakan mengurangi aktifitas hard seling,perbanyak soft seling. Untuk update konten twitter tidak terlalu sulit karena maksimal hanya 140 karakter, Dari Tulis status yang bermanfaat misal dari 5 status, tulis 4 yang dibutuhkan target market kita sisipkan 1 info bisnis kita didalamnya.

 

Perbanyak jangkauan followers

Perlu diketahui Ada dua jenis account yg followernya banyak

Artis dan

Account yg bermanfaat

Kalo anda bukan artis maka jadilah yg no 2, jika mau followernya banyak Dalam membangun acount sosial media prosesnya harus sabar. Beri manfaat sebanyak banyaknya ke user maka user akan mengikuti kita jangan harap anda tidak memberi manfaat bisa dapat follower yang targeted. Kesalahan yang sering terjadi follower baru sedikit sudah update jualan terus menerus.

 

Gunakan Tools

Gunakan tools untuk mempermudah mengelola sosial media dan Tools yang bisa membantu untuk meningkatkan jumlah followers.

Ada banyak sekali tools untuk twitter, akan tetapi bagi pemula tidak perlu banyak tools, asal fokus cukup dengan 3 tools ini sudah bisa mendapatkan puluhan ribu follower yg targeted. 3 Tools standar yg bisa dipakai.

Hootsuite – hootsuite adalah website yang menyediakan layanan menajemen jejaring social (social network) disini kamu bisa mengelola beberapa acount sekaligus, sehingga kamu bisa membuat status untuk beberapa acount sekaligus.

Tweepi –  twitter tools untuk add, follow, and unfollow dalam jumlah bersar, lakukan follow dan unfollow followers , kemudian Tunggu sampai mereka followback.

Manage fliter – dengan manage fliter anda bisa mengunfollow orang yang tidak followback anda, unfollow account yang tidak followback setiap hari.

 

Dalam tools tersebut Ada pilihan berbayar dan ada pilihan free,dengan tools berbayar akan dapat fasilitas yg lebih lengkap, tapi dengan free saja sudah cukup bisa meledakkan omset bisnis anda…

 

Sumber : http://id.berita.yahoo.com