Sopir Angkum di Sumedang Terlindungi Asuransi

by -16 views

Sopir Angkum di Sumedang Terlindungi Asuransi

Jatinangorku.com – Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Pemkab Sumedang memberikan asuransi jiwa kepada para sopir angkutan umum (angkum).

Tujuannya, selain memberi perlindungan juga untuk meningkatkan ketertiban berlalu lintas dan berkendaraan bagi para sopir. Mengingat, kecelakaan lalu lintas seringkali disebabkan oleh keteledoran sopir di berbagai hal.

“Kami memberikan asuransi kepada awak angkutan umum agar mereka termotivasi mematuhi berbagai ketentuan seperti surat kendaraan dan kelayakan kendaraan,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sumedang, Aef Saepudin, Jumat (23/5/2014).

Syarat yang harus ditempuh awak sopir angkum adalah melampirkan SIM, surat keanggotaan Kelompok Kerja Unit (KKU) angkutan, izin trayek, berbagai kelengkapan surat kendaraan, dan bukti tertulis jika kendaraan layak jalan mulai dari uji emisi sampai pengecekan mesin lainnya.

Menurut Aef, asuransi tak akan diberikan jika persyaratan tidak lengkap.

Aef menjelaskan, selama ini para pemilik kendaraan umum sering mengabaikan peraturan hingga menyebabkan kecelakaan. Namun dengan tuntutan seperti ini, kecelakaan dapat diminimalisir. Selain itu, para sopir mendapatkan keuntungan lain yaitu kepemilikan asuransi jiwa.

Asuransi dibayarkan Dishub dari uang APBD dengan sistem pembayaran premi seumur hidup kepada salah satu perusahaan asuransi yang menjadi badan usaha milik negara.

Di Sumedang, Dishub mencatat ada 2.506 angkutan umum terdiri atas pedesaan dan perkotaan dari 15 nomor trayek. Sementara, jumlah sopir dan kondektur mencapai 1800 orang.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/