Stok Beras Idul Adha Aman

by -73 views

Stok Beras Idul Adha Aman

Jatinangorku.com – Persediaan beras di Bulog Jabar untuk kebutuhan Hari Raya Iduladha cukup aman. Bahkan, stok beras cukup untuk 7,5 bulan ke depan. “Pada dasarnya stok beras di Bulog aman dan cukup untuk kebutuhan beras 7,5 bulan ke depan,” jelas Kepala Bulog Divre Jabar, Usep Karyana kepada wartawan di kantor Bulog, Jln. Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (20/9).

Menurutnya, persediaan beras cukup melimpah. Bahkan saat ini persediaan beras di gudang-gudang Bulog di Jawa Barat mencapai 305.000 ton. Melimpahnya persediaan beras tersebut tidak lepas dari penyerapan beras yang telah dilakukan selama ini. Serapan beras dari berbagai daerah penghasil beras, baik di kawasan utara maupun kawasan selatan Jabar, berjalan relatif normal dan lancar. “Alhamdulillah, panen pada musim gadu tahun ini relatif tidak ada gangguan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, panen gadu yang dilakukan sejak bulan Agustus 2013 lalu cukup lancar. Penyerapan yang dilakukan Bulog rata-rata mencapai 1.500 ton per hari, sehingga stok beras di Bulog Jabar pun tetap tinggi dan stabil.

“Bahkan sejak bulan Juni 2013, stok beras tidak pernah kurang, dan bisa memenuhi kebutuhan hingga 7 bulan ke depan,” katanya.

Menurutnya, kondisi tersebut cukup menggembirakan. Pasalnya, standar aman stok beras suatu wilayah adalah bisa memenuhi kebutuhan untuk tiga bulan ke depan.

Meski demikian, lanjutnya, serapan saat musim panen gadu memang tidak sebanyak panen rendeng (panen periode pertama). Seperti panen pada bulan Mei lalu yang beriringan waktunya dengan panen raya, di mana volume serapan rata-rata mencapai 3.500 ton per hari.

Sumber : http://klik-galamedia.com