Stop Tularkan HIV Kepada Ibu dan Anak

by -10 views

Stop Tularkan HIV Kepada Ibu dan Anak

Jatinangorku.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bersama LSM Dewan Kesehatan Rakyat meminta dengan tegas untuk tidak ada lagi penularan virus HIV kepada ibu rumah tangga dan anak-anak.

Pada dua kalangan ini, kini banyak ditemui kasus HIV karena mereka tertular dari para suaminya yang menjadi Lelaki Beresiko Tinggi karena berstatus sebagai pelanggan Wanita Penjaja Seks. Sementara anak-anak tertular HIV dari para ibunya yang sudah mengidap virus ini. Penularan ibu pada anak dapat terjadi pada proses melahirkan dan menyusui.

“Jadi tolong untuk tidak lagi menularkan virus ini kepada ibu dan anak-anak yang tidak tahu apa-apa tapi harus menerima getahnya. Stop tularkan HIV ke ibu dan anak,” kata Tita Anarita, Program Officer KPA Sumedang, Minggu (8/6/2014) saat sedang memaparkan rencana pelaksanaan Malam Renungan AIDS kepada sejumlah wartawan.

Setidaknya ada 252 kasus HIV/AIDS di Sumedang secara kumulatif. Pada 2010, muncul sekitar 6 kasus HIV yang mengenai kalangan ibu rumah tangga (IRT). Kasusnya terus terkuak hingga 2014 ini tercatat ada 44 IRT positif HIV dengan penularan melalui transmisi seksual akibat suaminya seorang pelanggan WPS.

Sementara, kasus HIV pada anak ditemukan sudah mencapai 14 orang dengan usia paling muda adalah 0 tahun hingga usia mencapai 10 tahun. Untuk mencegah penularan, KPA secara tegas mengintruksikan penggunaan kondom.

“Untuk saat ini, dari kami, hanya bisa melakukan pencegahan virus tersebut dengan menggunakan kondom jika memang merasa mempunyai hubungan seks yang berisiko,” kata Tita.

Sekitar 10 sampai 20 tahun lalu, penyebab HIV masih didominasi oleh pengguna narkoba suntik. Namun, tren kini berada pada transmisi seksual. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/