Stres? Atasi dengan Musik dan Tertawa!

by -33 views

Stres? Atasi dengan Musik dan Tertawa!

Jatinangorku.com – Saat Anda sedang stres, cemas atau tidak bisa tidur, ternyata menyetel musik atau lelucon lucu bisa membuat tubuh lebih rileks. 

Penelitian baru dari peneliti Jepang menemukan bahwa mendengar lagu favorit atau menikmati humor dapat menurunkan tekanan darah, bahkan sama banyaknya dengan mengurangi konsumsi garam dalam makanan Anda dan dapat mengurangi berat badan hingga 10 pon atau 4,5 kg.

Penelitian yang dipimpin oleh Eri Eguci menganalisis beberapa orang berusia 40-74 tahun. Para partisipan diminta untuk mengikuti sebuah sesi penelitian selama dua kali dalam sebulan yang dirancang untuk mendengarkan musik favoritnya, mendengarkan lelucon lucu atau tidak sama sekali.

Pada tiga bulan kemudian, peneliti menemukan partisipan yang terpapar musik atau tawa mengalami penurunan rata-rata tekanan darah sistolik sekitar lima hingga enam poin. Sedangkan partisipan yang tidak mendengarkan musik atau cerita lucu tidak mengalami perubahan tekanan darah.

Penurunan tekanan darah sekitar lima hingga enam poin berkaitan dengan risiko 5-15 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung atau stroke. “Ini semacam cara alami untuk meningkatkan kesehatan Anda, tapi saya tidak akan merekomendasikan Anda untuk menghentikan konsumsi obat yang telah disarankan dokter,” ungkap Michael Miller, MD, direktur kardiologi preventif di University of Maryland Medical Center, di Baltimore, dilansir melalui Huffingtonpost, Senin (12/3).

Penelitian sebelumnya dari University of Maryland oleh Dr Michael Miller menunjukkan bahwa orang mendengarkan musik upbeat dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah hingga 26 persen. Penelitian lain menggunakan hewan menunjukkan bahwa musik, seperti Mozart, bisa mengubah kadar kalsium dan dopamin dalam otak. Sedangkan penelitian lain pada manusia menunjukkan bahwa musik santai, seperti Pachelbel’s Canon in D major, dapat menurunkan kadar hormon stres kartisol.

Sumber : http://id.she.yahoo.com