Sudah Berumur 13 Tahun, Dul Sudah Bisa Dijerat Hukum Pidana

by -122 views

Sudah Berumur 13 Tahun, Dul Sudah Bisa Dijerat Hukum Pidana

Jatinangorku.com – Kepala Unit Lalu Lintas Polres Jakarta Timur, AKP Agung Budi Laksono mengacu kepada Undang-Undang No 11 Tahun 2012, dikatakan anak-anak yang berumur 12 hingga 18 tahun akan dikenakan sanksi pidana. Termasuk Abdul Qodir Jaelani alias Dul, putra bungsu Ahmad Dhani.

“Semua proses penyelidikan masih berlangsung. Namun untuk saat ini, jika melihat UU 11 Tahun 2012, umur Dul yang sudah 13 tahun bisa diberikan sanksi pidana,” kata Agung, Minggu (8/9/2013).

Agung menjelaskan, anak ketiga musisi Ahmad Dhani hasil pernikahannya dengan Maia Estianty terancam hukuman 6 tahun penjara terkait kecelakaan maut di ruas Tol Jagorawi yang melibatkan dirinya.

“Kemungkinan Dul akan dikenakan sanksi 6 tahun penjara,” lanjutnya.

Menurut Agung, Dul menyetir sedan Mitsubishi Lancer dari arah Bogor menuju Jakarta. Diduga, putra bungsu musisi Ahmad Dhani itu tak berkonsentrasi hingga akhirnya mobil menabrak pembatas jalan dan menyeberang ke jalur dari arah berlawanan. Mobil kemudian menghantam Toyota Avanza dan Daihatsu Grandmax.

Agung mengatakan Dul masih berusia 13 tahun. Sehingga ia mendapat perlindungan seperti tercantum dalam UU Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2012. Perlindungan itu berupa pencabutan kuasa asuh. Orangtuanya pun mendapat ancaman pidana karena membiarkan anak di bawah umur 17 tahun mengendarai mobil.

 

 

Sumber : http://id.berita.yahoo.com