Sukarapih Perbaiki 10 RTLH

by -13 views

Sukarapih Perbaiki 10 RTLH

Jatinangorku.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukarapih, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang mengakomodasi perbaikan 10 unit rumah tidak layak huni (RTLH) melalui usulan pagu indikatif kewilayahan (PIK) 2014.

Dikatakan Kepala Desa (Kades) Sukarapih, Setiawan Saputra, usulan seluruhnya yang diterima, tercatat lebih dari 30 unit RTLH. Namun, pemdes hanya mengakomodasi 10 unit rumah meskipun jatah sesungguhnya untuk 7 rumah.

“Jadi seluruhnya yang kami akomodasi yaitu 10 rumah karena ada 3 rumah lagi yang sebelumnya tidak terakomodasi tetapi keadaannya sangat mendesak untuk diperbaiki. Semua ini hasil seleksi dan pertimbangan yang cukup matang,” kata Setiawan saat ditemui “GM” di kantor Kec. Jatinangor, Kamis (29/5).

Diungkapkannya, di satu pihak realisasi program tersebut sangat menguntungkan warga, tetapi di pihak lain menjadi sebuah beban pula untuk kepala desa. Pasalnya, jarak rumah yang terakomodasi untuk diperbaiki dengan rumah yang tidak terakomodasi jaraknya sangat dekat.

“Tentu saja menjadi beban perasaan dan harus ekstra teliti dalam memberikan pemahaman kepada warga yang belum mendapat giliran,” paparnya.

Hal ini, menurutnya, harus pula menjadi bahan pemikiran dan evaluasi Pemerintah Kabupaten Sumedang agar program dapat direalisasikan secar menyeluruh.

“Jika semua mendapat jatah yang sama, saya pastikan aparat pemdes tidak akan memiliki beban perasaan seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Yang pasti, tambahnya, bantuan tersebut diimplementasikan sesuai peruntukannya, khusus keluarga miskin yang kondisi rumahnya kurang layak huni.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/