Sumedang Siap Jadi Pusat Industri Tekstil

by -176 views

Sumedang Siap Jadi Pusat Industri Tekstil

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang siap menjadi pusat industri tekstil nasional. Industri tekstil yang saat ini banyak berkembang di wilayah tenggara Bandung yaitu di Majalaya mulai melebarkan usahanya ke wilayah Sumedang, tepatnya di Jatinangor dan CImanggung.

Namun, di wilayah ini kini lebih cocok digunakan untuk usaha properti dan perdagangan. Usaha tekstil kini akan dialihkan ke Ujungjaya. Di kawasan inilah pusat industri tekstil siap dibangun.

“Sumedang siap menjadi pusat industri tekstil yaitu di Ujungjaya, setelah Cimanggung dan Jatinangor kini lebih cocok menjadi industri pengolahan makanan minuman dan kawassan perdagangan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang Asep Sudrajat, Senin (25/8/2014).

Rencana ini ada setelah Sumedang memaparkan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) Sumedang 2011-2031 kepada pemerintah pusat.

“Dari pemaparan tersebut, pemerintah tertarik akan mengembangkan pusat tekstil di Sumedang menyusul meningkatnya ekspansi perusahaan tekstil di dalam negeri. Malah sekarang pemerintah melalui Kementerian Perindustrian saat ini tengah menyusun program pengembangan industri tekstil di Sumedang,” kata Asep.

Menurut Asep, ekspansi kawasan industri tekstil ke Sumedang tidak akan mengabaikan pabrik-pabrik tekstil yang ada di Jawa Barat lainnya. Karena selama ini, kontribusi tekstil Jawa Barat, terutama di sekitar Majalaya terhadap ekspor tekstil dan produk tekstil nasional sudah sangat besar.

Oleh karenanya, Pemkab Sumedang diminta untuk membuat kawasan industri di Ujungjaya berbeda dengan kawasan industri lainnya.

“Inilah yang akan dikaji lebih dalam lagi, yaitu memadukan kawasan industri dan wisata agar tampak menarik dibanding kawasan industri di wilayah lainnya,” ujar Asep.

Saat ini, ada 10 pabrik tekstil di zona industri Cimanggung-Jatinangor. Sebanyak 7 pabrik lainnya merupakan pabrik pengolahan makanan dan minuman. Pabrik-pabrik ini tercatat berada di lokasi administratif Sumedang. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/