Survei: Penjualan “Smartphone” Global 2013 Capai Satu Miliar

by -14 views

Survei: Penjualan “Smartphone” Global 2013 Capai Satu Miliar

Jatinangorku.com – Penjualan “smartphone” atau telepon pintar global diperkirakan akan melampaui satu miliar pada 2013, didorong oleh perangkat telepon seluler murah dan kenaikan di pasar negara berkembang, sebuah perusahaan riset mengatakan Rabu. 

International Data Corp. (IDC) mengatakan pihaknya memperkirakan pasar smartphone tumbuh 40 persen tahun ini, dan kemungkinan akan tumbuh menjadi 1,7 miliar per tahun pada 2017. 

Secara keseluruhan penjualan ponsel akan tumbuh 7,4 persen, berbalik naik dari hampir datar pada 2012, kata IDC . Total penjualan ponsel diperkirakan menjadi sekitar 1,8 miliar, dengan lebih dari separuhnya dari jumlah itu adalah segmen smartphone. 

Pertumbuhan smartphone adalah hasil dari berbagai faktor, termasuk penurunan subsidi perangkat dari operator, terutama di pasar ekonomi yang mapan, serta berbagai pertumbuhan smartphone sub-200 dolar AS. 

“Dua tahun lalu, pasar smartphone di seluruh dunia `main mata` dengan pengiriman setengah miliar unit untuk pertama kalinya — hanya dalam waktu dua tahun naik dua kali lipat menyoroti bahwa smartphone telah berada di mana-mana,” kata Ramon Llamas, manajer penelitian ponsel IDC. 

“Smartphone telah berubah dari alat komunikasi mutakhir menjadi komponen penting dalam kehidupan sehari-hari miliaran konsumen.”

 

Pada 2017, smartphone diharapkan akan mengambil alih hampir semua penjualan di sebagian besar negara-negara maju, menurut Kevin Restivo dari IDC. 

“Subsidi perangkat (handset) agresif operator, penurunan harga, kesadaran konsumen yang lebih tinggi, dan banyaknya perangkat akan berarti hampir semua ponsel yang dikirim ke negara-negara maju akan menjadi telepon `pintar`,” katanya. 

“Namun, volume pengiriman smartphone akan didominasi oleh pasar negara berkembang, seperti China, meskipun persentase smartphone terhadap keistimewaan telepon tidak akan tinggi.”

 

Llamas mengatakan sistem Android Google akan tetap menjadi platform teratas, diikuti oleh iOS dari Apple. 

“Masih harus dilihat bagaimana masa depan Windows Phone dan BlackBerry masing-masing yang akan mengumumkan versi terbaru mereka,” kata llama. 

“Windows Phone telah sedikit di depan dari BlackBerry selama paruh pertama 2013, dan kami percaya bahwa itu akan berlanjut di masa mendatang. Namun, secara keseluruhan pengiriman akan terus membuntuti Android dan iOS.”

 

Perkiraan IDC menunjukkan pangsa pasar Windows Phone akan meningkat menjadi 10,2 persen pada 2017 dari 3,9 persen tahun ini, sementara pangsa Android akan merosot menjadi 68 persen dari tahun ini 75 persen. Sementara Apple diperkirakan mengalami kenaikan moderat menjadi 17,9 persen dari 16,9 persen, kata IDC. 

Sebuah laporan Kantar Worldpanel Comtech yang dirilis pada Rabu menunjukkan bahwa Android masih mendominasi pasar AS meskipun pangsanya menurun lebih dari tujuh persen menjadi 51,1 persen pada kuartal kedua tahun ini. 

Sementara itu, iOS Apple tumbuh hampir delapan persen menjadi mengklaim 43,4 persen dari pasar AS, menurut Kantar. 

“Namun, dengan akuisisi Microsoft terhadap Nokia, kita dapat melihat proporsi konsumen lebih besar memilih perangkat Windows atas iOS atau Android, mengulang kekuatan yang terlihat di Eropa dan Meksiko,” kata Kantar dalam laporannya

Sumber : http://id.berita.yahoo.com