Tablet Lebih Banyak Dipakai buat Hiburan

by -92 views

Tablet Lebih Banyak Dipakai buat Hiburan

Jatinangorku.com – Keberadaan perangkat digital seperti tablet maupun ponsel pintar ternyata tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi. Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan teknologi dan riset, Gartner mengungkapkan bahwa orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton film dan mendengarkan musik dari tablet daripada mengirim surat elektronik (email).

Hanya seperempat yang menghabiskan waktunya menggunakan perangkat teknologi seperti iPad dan iPhone yang dilakukan untuk berkomunikasi melalui email atau bentuk komunikasi langsung lainnya. Sebaliknya, pengguna tablet lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain game, membaca buku, menonton tv streaming, dan bentuk lain hiburan yang ada.

 Gartner menyebutkan, sekitar 15 persen pengguna gadget ini melakukan aktivitas produktif seperti mengedit video, menulis blog. Sementara hanya 9 persen yang menggunakanya untuk mengetahui cuaca, membaca berita, dan mengumpulkan informasi lainnya. Hasil ini didapat setelah Gartner melakukan survei pada 726 pengguna tablet di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. 

“Dari berbagai jenis kegiatan, orang menghabiskan yang paling waktu untuk mengakses hiburan, dan orang-orang sering menggunakan berbagai perangkat sekaligus, sehingga tampaknya kita berubah menjadi masyarakat multitasking dan multilayar,” kata Meike Escherich, analis utama penelitian di perusahaan Gartner, seperti dikutip dari laman the Telegraph, Rabu 18 September 2013.

“Pengguna tablet, misalnya, banyak menggunakan tabletnya di malam hari sekitar pukul 7 hingga 10 malam. Ini menunjukkan bahwa penggunaan tablet telah menjadi sahabat untuk menonton televisi dan kegiatan ruang tamu lainnya. 

Survei Gartner juga mengungkapkan ponsel pintar lebih banyak digunakan untuk berseluncur di dunia maya atau sekedar ikut bagian dalam sosial media ketika sedang berada di perjalanan atau terlibat dalam aktivitas lain.

Tidak hanya itu, survei menemukan bahwa orang yang memiliki tablet Samsung dan Apple lebih banyak menghabiskan waktunya, sekitar 30 menit lebih banyak setiap harinya, untuk mengakses hiburan dibandingkan dengan pemilik tablet merk lain.

Menurut penelitian yang dilakukan Gartner, para pengguna gadget iPad juga memiliki kemungkinan lebih sering menggunakan tablet mereka. Sebanyak 80 persen pemilik tablet mengakui mereka menggunakan iPad setidaknya 10 kali dalam sehari. Sedangan kebanyakan orang hanya menghabiskan 4 jam dalam sehari untuk menggunakan tabletnya.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/