Tahapan Pilkada 2018, Panwaskab Sumedang Awasi Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

by -37 views

 Kegiatan tahapan Pilkada Sumedang 2018, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Sumedang telah menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) pengawasan penelitian administrasi dan Verifikasi faktual serta Rapat Kerja (Raker) pengelolaan keuangan di hotel Sahid Jatinangor.

Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat Panwaskab Sumedang, Nurhayat SSTP kepada RRI, Selasa (12/12/2017).

“Dalam rakernis penelitian administrasi dan verifikasi faktual, dibahas terkait dengan teknis pengawasan administrasi dan verifikasi faktual kepada Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang telah lolos penelitian administrasi dari KPUD Sumedang yakni, paslon Zaenal Alimin dan Asep Kurnia, Setya Widodo dan Sonia Sugian serta Ecek Karyana dan Atang,” katanya.

Yang mana, lanjut Nurhayat,  pada hari ini akan dilaknsanakan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

“Kegiatan rakernis diikuti oleh 78 orang peserta dari seluruh Panwascam se Kab. Sumedang. yang telah dilaksanakan selama dua hari, sejak 9-10 Desember 2017,” ujarnya.

Selain itu, tutur Nurhayat, kegiatan Raker pengelolaan keuangan telah dilaksanakan sejak 10-11 Desember 2017 kemarin. dibahas menganai teknis pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan di masing-masing Panwascam.

“Juga, dibahas mengenai transaksi keuangan dengan sistem transfer salahsatunya, honorarium seluruh anggota Panwascam akan di transfer ke rekening pribadi,  itu merupakan kerjasama antara Bawaslu RI dengan salahsatu bank swasta,” ucapnya.

Pihaknya menghimbau, kepada seluruh anggota Panwascam agar bekerja sesuai dengan aturan begitupula terkait pengelolaan keuangan dapat dikelola serta dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan. 

 

 

 

Sumber : http://rri.co.id