Tahun 2013, FKG Unpad Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Terfavorit se-Indonesia

by -125 views

Jatinangorku.com – Memasuki usia ke-54, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad terus berupaya untuk meningkatkan kualitas. Terbukti pada tahun ini, FKG Unpad berhasil menorehkan beberapa capaian terbaiknya dalam bidang akademik dan pelayanan.

FKG-Unpad-300x200
Dekan FKG Unpad, Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri, drg., Sp.Ort (K) memberikan penghargaan kepada salah satu tenaga kependidikan teladan di FKG Unpad pada Pembukaan Dies Natalis ke-54 FKG Unpad, Jumat (06/09) di Hotel Harris Bandung. (Foto: Arief M.)

Dekan FKG Unpad, Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri, drg., Sp.Ort (K) mengungkapkan capaian tersebut pada pembukaan Dies Natalis ke-54 FKG Unpad, di Hotel Harris Bandung, Jumat (06/09). Dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III Unpad, Dr.Med. Setiawan, serta senat dan guru besar FKG Unpad, Prof. Eky mengungkapkan, salah satu capaian dalam bidang akademik adalah meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar ke FKG Unpad pada tahun 2013.

“FKG Unpad ini menjadi fakultas Kedokteran Gigi terfavorit se-Indonesia. Bukan hanya itu, FKG Unpad juga menjadi terfavorit bagi mahasiswa dari Malaysia,” ujar Prof. Eky.

Lebih lanjut Prof. Eky menjelaskan, pada tahun ini jumlah pendaftar ke FKG Unpad mencapai  5250 orang. Sementara daya tampung untuk Program Studi Pendidikan Dokter Gigi adalah 90 orang, sehingga perbandingannya 1 : 57, setiap 1 kuota diperebutkan oleh 37 orang. Sementara pada tahun 2007, perbandingannya masih berkisar antara 1 : 11.

“Ternyata, sesuai dengan program Unpad Nyaah ka Jabar, presentase mahasiswa pada tahun ini sebagian besar berasal dari Jawa Barat,” tambahnya.

Selanjutnya, masa studi program Sarjana di FKG Unpad terbilang cepat. Prof. Eky menerangkan, masa studi program Sarjana di FKG Unpad berkisar antara 3,5 – 4 tahun dengan rentang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) antara 2,75 sampai 3,5. Sementara itu, pendidikan Profesi Dokter Gigi FKG Unpad juga mencetak keberhasilannya, yakni dengan seringnya menghasilkan lulusan-lulusan dengan nilai IPK tertinggi di Unpad untuk program Profesi.

Terkait dalam bidang pelayanan, beberapa Tenaga Kependidikan FKG Unpad pun sedang melanjutkan pendidikannya di Jepang. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada mahasiswanya.

“Kita harapkan dengan menginjak usia 54 tahun ini, FKG Unpad tetap terus meningkatkan kualitasnya sebagai bagian dari Universitas Padjadjaran,” harap Prof. Eky.

Pada peringatan Dies Natalis kali ini, FKG Unpad menggelar serangkaian acara dengan tema “Sinergi Multidisiplin Ilmu Kedokteran Gigi dalam Upaya Meingkatkan Pelayanan Praktik Dokter Gigi”. Acara tersebut antara lain Integrated Lecture, Short Lecture, Workshop, Dental Scientific Award, Dental Exhibition, Dental Student Competition, dan Pameran alat-alat kedokteran gigi.

Selain itu, Prof. Eky pun memberikan penghargaan kepada drg. Jono Salim Sp. Ort. (K) sebagai dosen teladan, Prof. Dr. Hj. Roosje Rosita Oewen, drg., Sp.KGA (K), Prof. Dr. H. R. Moch Richata Fadil, serta kepada dua pegawai teladan di FKG Unpad, yaitu Alex S. Kusnaidi, dan Eong Warsi.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

sumber: unpad.ac.id