Tahun 2015 Ini, Fakultas Kedokteran Unpad Raih 10 Sertifikat Hak Cipta

by -86 views

Jatinangorku.com – Tahun 2015, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran berhasil memperoleh 10 Sertifikat HKI berupa Hak Cipta. Penyerahan sertifikat HKI kepada para penerima sudah dilakukan pertengahan Desember 2015 lalu di Auditorium Lantai 2 Gedung RSP Unpad Jl. Prof Eijkman No. 38 Bandung

Direktur Pendidikan Unpad, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes. mengungkapkan bahwa di FK Unpad, terdapat unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual yang turut memfasilitasi para dosen FK dalam mengajukan HKI, penulisan jurnal ilmiah, dan pembuatan buku teks atau buku ajar.

Untuk pengajuan HKI, unit tersebut mengawal di setiap tahapan proses pengajuan, termasuk dalam tahapan pengajuan ke Unpad dan nasional. Setelah penyampaian berkas, maka pengaju HKI tersebut terlebih dahulu harus mempresentasikan karya mereka di unit ini, di hadapan pakar yang ahli di bidang karya mereka.

“Di FK, apabila ada staf yang akan mengajukan HKI atas hasil karya mereka, itu mereka tidak usah repot-repot. Dia tinggal memberikan draftnya ke unit ini, nanti semua yang mengurus unit ini. Dari mulai ke Unpad, terkirim ke Jakarta, sampai keluar sertifikat HKI-nya,” jelas Prof. Budi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Unit Publikasi Ilmiah dan HKI FK Unpad.

Bukan hanya menunggu dosen untuk mendaftar, unit ini pun melakukan upaya “menjemput bola”. Jika ada staf yang penelitiannya menarik dan cocok untuk diajukan HKI, maka unit tersebut akan langsung menghubunginya.

Prof. Budi mengharapkan, setiap program studi di lingkungan Unpad dapat melakukan upaya aktif seperti yang dilakukan di FK Unpad. “Yang lebih tahu kan program studi masing-masing, fakultas masing-masing, mana staf-staf yang memiliki karya untuk di HKI kan,” tuturnya.

Selain itu, dalam upaya untuk membantu mahasiswa dalam proses penulisan jurnal ilmiah, unit ini pun memberikan pelatihan bagi mahasiswa mengenai penulisan jurnal ilmiah berbahasa Inggris, terutama untuk mahasiswa Sarjana. FK Unpad sendiri saat ini sudah memiliki 4 jurnal ilmiah yang sudah terindeks internasional, yaitu Majalah Kedokteran Bandung. IJIHS, Althea Medical Journal, dan Jurnal Anestesi Perioperatif. Majalah Kedokteran Bandung dan Jurnal Anestesi Perioperatif sudah terakreditasi nasional. Jurnal ini dapat turut memfasilitasi para mahasiswa dari jenjang S-1 hingga S-3 untuk mempublikasikan hasil karya mereka.

“Mahasiswa diwajibkan untuk memasukan penelitiannnya ke jurnal, dan kita juga sudah memfasilitasi jurnalnya. Mahasiswa pun harus dibekali bagaimana cara membuat artikel ilmiah yang bisa masuk ke dalam suatu jurnal, yang diambil dari skripsi mereka,” ujar Prof. Budi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam 3 hari, mulai dari lokakarya hingga workshop penulisan. Pelatihan dilaksanakan sampai mahasiswa tersebut menghasilkan tulisan yang layak dimuat di jurnal ilmiah. “Sehingga nanti mahasiswa itu sudah bisa, output-nya itu dia sudah menghasilkan artikel ilmiah yang sudah siap masuk ke jurnal,” kata Prof. Budi.

Mengenai buku ajar, unit ini juga memfasilitasi para staf dalam proses pembuatannya. Mulai dari proses penulisan, editing, pembuatan cover, hingga penerbitan. Unit ini juga sudah memiliki kerja sama yang baik dengan sejumlah penerbit ternama.

“Unit ini juga sedang membuat buku mengenai bagaimana cara menulis artikel ilmiah,” ungkap Prof. Budi.

Prof. Budi pun berharap, agar setiap fakultas dapat melakukan pengelolaan lebih baik mengenai publikasi ilmiah dan HKI untuk meningkatkan akreditasi. Selain itu, bagi dosen, keuntungan juga akan didapat terutama dalam proses kenaikan pangkatnya. “Banyak sekali keuntungan jika kita bisa mengelola unit publikasi ilmiah dan HKI,” ujarnya.

Berikut Daftar Nama Pendaftar dan Penerima HKI FK Unpad

  1. Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K)., M.Kes dengan karya “Aijme Journal Management System”
  2. Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K)., M.Kes dengan karya “Ede Database”
  3. Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., Psikolog, MOP, Eka Riyanti P., S.Psi, M.Psi, Mawar Nita Pohan, S.Psi, Irma Anintya Tasya, S.Psi, Tejarukmi Mutiara, S.Psi, Yayu Mukaromah, S.Sos, Meita Handini, S.Psi, Dini Norviatin, dr., MKM, Barnabas R. Leuwol, dr., dengan karya “Buku Pegangan Guru Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT!)”
  4. Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., Psikolog, MOP, Eka Riyanti P., S.Psi, M.Psi, Mawar Nita Pohan, S.Psi, Irma Anintya Tasya, S.Psi, Tejarukmi Mutiara, S.Psi, Yayu Mukaromah, S.Sos, Meita Handini, S.Psi, Dini Norviatin, dr., MKM, Barnabas R. Leuwol, dr., dengan karya “Buku Pegangan Guru Pendidikan Kesehatan Reproduksi Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT!)”
  5. Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., Psikolog, MOP, Eka Riyanti P., S.Psi, M.Psi, Mawar Nita Pohan, S.Psi, Irma Anintya Tasya, S.Psi, Tejarukmi Mutiara, S.Psi, Yayu Mukaromah, S.Sos, Meita Handini, S.Psi, Dini Norviatin, dr., MKM, Barnabas R. Leuwol, dr, Miasari Handayani, S.Psi., dengan karya “Buku Pegangan Siswa Pendidikan Kesehatan Reproduksi Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT!)”
  6. Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., Psikolog, MOP, Eka Riyanti P., S.Psi, M.Psi, Mawar Nita Pohan, S.Psi, Irma Anintya Tasya, S.Psi, Tejarukmi Mutiara, S.Psi, Yayu Mukaromah, S.Sos, Meita Handini, S.Psi, Dini Norviatin, dr., MKM, Barnabas R. Leuwol, dr., dengan karya “Buku Pegangan Siswa Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT!)”
  7. Dr. Abdul Hadi Martakusumah, Sp.PD-KGH dengan karya “Formula Baru Untuk Mengestimasi Laju Filtrasi Glomerulus Pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik Pra Dianalisis”
  8. Dr. M.Z Arifin, dr., Sp.BS(K), Agung Budi Sutiono, dr., Sp.Bs, Ph.D, Ahmad Faried, dr., Sp.BS, Ph.D dengan karya “Simplikasi Aplikasi Perangkat Lunak Komputer untuk Rujukan Pasien Cedera Kepala dengan Perdarahan Epidural di Daerah Emergensi Bencana”
  9. Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr., Sp.OG(K) dengan karya “Sistem Informasi Pengelolaan Komite Etik Penelitian Fakultas Kedokteran Unpad
  10. Ike R. Husein, dr., M.Kes dan Dra. Kuswinarti, Apt. M.S dengan karya “Buku “Unpad-Antiparasitic Agent Game”

Sumber : http://www.unpad.ac.id/