Tahun Ini, PLN Rekrut 6.056 Pegawai

by -46 views
Poster
Kebutuhan akan tingginya kualitaas SDM di bidang kelistrikan, membuat PLN kembali berpartisipasi dalam Bursa Karir Institut Teknologi Surabaya dan Titian Karir Instritut Teknologi Bandung.
Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi target rekrutmen sebanyak 6.056 pegawai di tahun 2017. PLN akan membuka rekrutmen pegawai jenjang S1 dan D-IV untuk jurusan Teknik Elektro dan Elektronika, serta jenjang D-III untuk jurusan Teknik Elektro, Elektronika, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia.
Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka, menjelaskan Tes seleksi akan diselenggarakan di Surabaya, Bandung, Jayapura, Kupang, dan Palembang. Bursa Karir ITS berlangsung pada 5-6 April 2017 di Graha ITS sementara Titian Karir ITB berlangsung pada 7- 9 April 2017 di Aula Barat ITB.
“Tahun ini PLN akan merekrut 6.056 orang pegawai. Kami membutuhkan generasi-generasi muda terbaik dari seluruh Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi untuk bersama-sama membangun bangsa melalui sektor ketenagalistrikan,” jelas dia, Rabu (5/4/2017).
Pada kegiatan Bursa Karir ITS dan Titian Karir ITB, PLN hanya akan mensosialisasikan penggunaan aplikasi rekrutmen online dan tidak menerima berkas pelamar di tempat.
“Pelamar yang ingin mendaftar di PLN tidak perlu membawa berkas ke Bursa Karir ITS dan Titian Karir ITB, karena bisa langsung daftar dan memantau pengumuman rekrutmen di rekrutmen.pln.co.id,” jelas Made.
Aplikasi rekrutmen online merupakan sistem rekrutmen baru melalui aplikasi berbasis web yang dapat diakses di rekrutmen.pln.co.id. Sistem ini sudah diterapkan sejak 25 Februari 2017.
Dirinya menjelaskan, melalui aplikasi ini, pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai member dengan menyiapkan soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).
Terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN menghimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen. Proses rekrutmen PLN hanya dilakukan melalui rekrutmen.pln.co.id.
Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pelamar kerja diantaranya yaitu, PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen, PLN tidak bekerjasama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan untuk program rekrutmen, PLN hanya melakukan proses rekrutmen melalui situs rekrutmen.pln.co.id.
“PLN tidak memunggut biaya apapun dalam proses rekrutmen, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi, masyarakat diharapkan berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen PLN,” ujarnya
Dirinya juga menjelaskan, masyarakat diharapkan melakukan pengecekan melalui website resmi pln www.pln.co.id. Seperti diketahui, sebelumnya PLN juga berpartisipasi di UGM Career Days pada 25 �” 26 Februari 201 dan Unsyiah Career Day pada 15-16 Maret 2017. Melalui rekrutmen ini, PLN mampu menjaring 27.441 pelamar. Rata-rata 67% pelamar atau sekitar 18.440 pelamar lulus pada tahap administrasi