Tak Boleh Saksikan Laga Tandang, Bobotoh Dihukum Setahun

by -29 views

Tak Boleh Saksikan Laga Tandang, Bobotoh Dihukum Setahun

Jatinangorku.com – Kericuhan suporter yang terjadi pada laga Persib Bandung dengan Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo pada 28 Agustus lalu, berujung jatuhnya sanksi. Suporter “Maung Bandung” dilarang masuk stadion untuk laga tandang hingga 12 bulan.Laga Persija dengan Persib di Sleman pada akhir Agustus lalu sejatinya adalah laga tunda, setelah pertemuan antara keduanya yang dijadwalkan digelar di Jakarta batal. Laga Persib kontra Persija sebelumnya batal pascaserangan terhadap bus pemain Persib. Namun laga tunda tersebut kemudian juga ternoda dengan kericuhan penonton.

Kericuhan di tribun penonton di Stadion Maguwoharjo terjadi pada menit ke-16 hingga laga sempat terhenti selama 25 menit. Terkait kejadian tersebut, Komisi Disiplin PSSI, Rabu (11/9) mengeluarkan keputusan.

“Kami sudah mendapatkan keputusan soal kericuhan yang terjadi pada laga Persib dan Persija. Di mana kami ketahui telah terjadi kerusuhan suporter di bangku penonton,” ujar Ketua Komdis PSSI, Hinca Pandjaitan di Senayan, Jakarta, kemarin.

“Akibatnya, Panitia Penyelenggara (Panpel) Persija kami hukum dengan denda Rp 50 juta, karena tidak mampu menyelenggarakan pertandingan dengan aman dan nyaman,” sambungnya.

Selain panpel yang dinilai bersalah, Kondis juga memberikan hukuman bagi suporter Persib Bandung. Mereka mendapat sanksi berupa larangan memasuki stadion selama 12 bulan untuk laga tandang. Hukuman dijatuhkan lantaran suporter Persib Bandung dinilai memancing kerusuhan tersebut.

“Kami hukum suporter Persib Bandung. Mereka dilarang memasuki stadion selama 12 bulan untuk pertandingan tandang dimulai hari ini. Karena yang memancing kerusuhan itu pendukung Persib Bandung,” lanjutnya.

“Hukuman bisa dibanding dan ini bisa dilakukan oleh klub. Persib Bandung juga harus menanggung denda Rp 50 juta,” tegasnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com/