Tanya Legalitas Izin Dewan Akan Panggil Pimpro

by -8 views

Tanya Legalitas Izin Dewan Akan Panggil Pimpro

Jatinangorku.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang akan segera memanggil pimpinan proyek (pimpro) dan pengembang pembangunan perumahan di Dusun Salam, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang.

Pemanggilan tersebut dimaksudkan untuk meminta penjelasan terkait legalitas izin dan pembangunan perumahan, yang sebelumnya dikabarkan belum tuntas.

“Kami mendesak Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan (BPMPP) Kabupaten Sumedang, untuk menahan dulu penerbitan IMB perumahan itu,” kata anggota Komisi D, Dadang Rohmawan, S.E. kepada “GM” di kantor Kecamatan Jatinangor, beberapa waktu lalu.

Pembangunan tersebut, kata Dadang, berada di lahan hijau (zona kuning) dan menjadi sorotan warga serta sejumlah pemerhati lingkungan. Sehingga, lanjutnya, izin pembangunannya harus ketat dan kajian teknisnya pun harus cermat.

Menurut Dadang, DPRD berwenang dan berkewajiban mengawasi segala bentuk pembangunan, agar realisasinya berjalan dengan baik sekaligus ada maslahatnya bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

“Persoalan izin di perumahan tersebut akan menjadi bahasan kami di Komisi D. Kami akan menelaah izinnya karena proyek itu ada di wilayah serapan,” ujarnya.

Ketua Perkumpulan Gerakan Djatinangor (Pagerdjati), Agus Bustanul Arifin menambahkan, apa pun pembangunan khususnya di Sumedang harus berdampak positif dan bermanfaat bagi warga setempat.

“Tolong perhatikan dampak lingkungannya, jangan sampai pembangunan itu merusak ekosistem dan alam,” kata Agus.

Sementara pimpro pembangunan perumahan tersebut, Ir. Agus membantah tudingan tersebut. Ia mengatakan, izin sudah selesai sedangkan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) memang belum ditempuh oleh pihaknya.

“Kami tidak akan gegabah membangun kalau izinnya tidak lengkap. Hanya saja, benar kalau IMB belum ada karena penerbitannya masih dalam proses. IMB diperkirakan selesai seusai Lebaran,” terang Agus.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/