Tegakkan Perda, Timgab Jaring Puluhan Ranmor

by -14 views

Tegakkan Perda, Timgab Jaring Puluhan Ranmor

 

Jatinangorku.com – Tim gabungan (timgab) dari sejumlah instansi menggelar operasi terpadu gabungan dalam rangka penegakan peraturan daerah (perda) Jawa Barat, khususnya di bidang perhubungan. Razia digelar di Jalan Raya Nagreg, Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Kamis (26/9) pukul 09.00-12.00 WIB.

Razia yang juga merupakan upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dan aparatur ini melibatkan aparat Satpol PP Pemprov Jabar dan Kab. Bandung, Satlantas Polres Bandung, Dinas Perhubungan, kejaksaan, pengadilan, dan Pomdam Siliwangi.

Dalam operasi tersebut, puluhan kendaraan bermotor (ranmor), baik roda dua maupun roda empat berbagai jenis berhasil dijaring. Sejumlah pengemudi yang terbukti melanggar perda dan tidak mematuhi aturan lalu lintas langsung disidang di tempat.

Di antaranya sopir angkutan umum jenis bus, elf, dan angkutan barang boks. Pelanggaran sopir angkutan penumpang umum mayoritas izin trayek dan kir yang sudah habis. Ada juga yang SIM-nya sudah tidak berlaku.

Selama razia, sejumlah elf yang melaju dari arah Bandung tujuan Garut memberhentikan kendaraannya sebelum lokasi. Diduga pengendara angkutan umum tersebut surat-suratnya bermasalah. Diduga mereka tak berani melintasi lokasi razia setelah mendapat informasi dari sesama pengendara angkutan umum lainnya.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Provinsi Jabar, Drs. Diding Abidin Subandi, M.Si. mengatakan, operasi terpadu dalam rangka meningkatkan kepatuhan terhadap perda provinsi maupun perda di kota/kabupaten.

“Angkutan umum yang terkena operasi terbukti melakukan pelanggaran dalam perhubungan. Di antaranya pelanggaran izin trayek dan masa uji kir yang telah habis masa berlaku-nya,” katanya.

Ia menambahkan, titik operasi gabungan di Kab. Bandung ini merupakan lokasi yang ke-7. “Operasi ini dalam rangka penegakan Perda No. 3/ 2011 tentang peraturan perhubungan, termasuk undang-undang lalu lintas,” katanya. 

Ia juga mengatakan, keikutsertaan Pomdam dalam operasi tersebut, untuk pembinaan serta penertiban stiker-stiker TNI yang sering ditempel pada pelat nomor kendaraan.

 

 

Sumber : http://klik-galamedia.com