Tekanan Terhadap Dolar Kuatkan Rupiah

by -24 views

Tekanan Terhadap Dolar Kuatkan Rupiah

Jatinangorku.com – Seiring dengan keputusan bank sentral Amerika, Federal Reserve yang masih tetap dengan kebijakan stimulus moneter, tingkat permintaan terhadap dolar langsung memudar.

“Keputusan bank sentral berlawanan dari ekspektasi pasar, sehingga menyebabkan aksi jual pada dolar,” ujar Yuki Sakasai, ahli strategi nilai tukar dari Barclays Plc, seperti dikutip Bloomberg.

Terhadap mata uang utama euro, kurs dolar melemah 0,2 persen, menjadi 1,3526 per euro. Ini merupakan penurunan terendah sepanjang tujuh bulan terakhir.

“Kondisi di pasar kerja saat ini masih jauh dari apa yang kami harapkan,” ujar Ben Bernanke, Gubernur Federal Reserve, usai pertemuan dua hari bersama Komite Pasar Terbuka Amerika atau mirip Dewan Gubernur Bank Indonesia kalau di sini.

Lebih lanjut dijelaskan, “Komite menyadari, jika kebijakan likuiditas ketat yang diambil, pertumbuhan akan mengalami perlambanan.”

Sejalan dengan situasi yang terjadi nilai tukar rupiah terhadap dolar seperti ditunjukkan dataBloomberg, ikut menguat 1,82 persen. Hingga berita ini ditulis, persisnya ada di posisi Rp 11.118 per dolar AS.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/