Tempat Kos Diawasi Ketat

by -33 views

Jatinangorku.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kab. Sumedang meningkatkan pengawasan terhadap tempat kos dan rumah kontrakan. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya pemanfaatan oleh jaringan teroris.

Kepala Kesbang Linmas Kab. Sumedang, Drs. H. Dicky Rubiana Abdullah, M.Si. kepada “GM” di ruang kerjanya, Senin (29/9), mengatakan, pengawasan dilakukan secara door to door maupun lewat surat imbauan yang dilayangkan kepada pemilik tempat kos maupun rumah kontrakan.

Di samping pengawasan dari pihak pemkab, masyarakat yang tinggal di sekitarnya diharapkan berperan aktif mengawasi. Sehingga bila menemukan atau melihat gelagat mencurigakan dari penghuni kos, warga segera melapor ke aparat berwenang terdekat.

“Kita terus meningkatkan pengawasan terhadap tempat kos dan sejenisnya. Segeralah melapor jika melihat gelagat yang mencurigakan,” katannya.

Menangkal teroris

Selama ini, lanjut Dicky, Desus 88 sempat melakukan penggerebekan terduga teroris yang tinggal di kontrakan di wilayah Sumedang. Oleh sebab itu, dengan adanya pengawasan yang dilakukan bersama masyarakat maka pihak seperti terduga teroris atau pelaku kejahatan lain akan berpikir ulang untuk mengontrak di Sumedang.

“Mudah-mudahan langkah yang kita bangun bersama masyarakat dapat menangkal terduga teroris atau pelaku tindak kejahatan lainnya. Terutama yang memiliki niat menjadikan tempat kos atau rumah kontrakan di Sumedang sebagai persembunyian atau mengatur strategi,” terangnya.

Selain itu, langkah pengawasan terhadap kosan atau rumah kontrakan juga merupakan bentuk tanggung jawab pemkab untuk memerangi penyakit masyarakat, semacam prostitusi terselubung. “Setelah penertiban warung remang-remang di beberapa lokasi, ada indikasi praktik prostitusi bergeser ke tempat kos dan rumah kontrakan. Dan itu yang tengah kita ungkap, sehigga jangan sampai tempat kos dan sejenisnya menjadi sarang prostitusi terselubung,” tegasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/