Terapi ringan untuk para pelupa

by -32 views

Terapi ringan untuk para pelupa

Jatinangorku.com – Isteri atau pasangan Anda sering marah karena Anda sering membiarkannya menunggu lama, atau Anda sering merasa kesal sendiri karena Anda lupa dimana menyimpan file penting. Selalu lupa bisa buat Anda benci diri sendiri dan dibenci orang.

Lupa dipengaruhi banyak faktor; lupa bisa karena disebabkan oleh faktor usia yang menua, karena faktor genetik meski sedikit kasusnya, atau lupa karena faktor penyakit yang membuat daya ingatnya berkurang.

Bukan berarti tidak bisa diobati. Anda bisa mengtasai masalah lupa dengan terapi ringan yang bisa Anda lakukan sehari-hari dengan mudah dan ringan.

  • Jaga pola makan dan pilih makanan yang tepat

Mengonsumsi makanan untuk memperbaiki daya ingatan harus yang tepat. Setidaknya makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan. Anda bisa membiasakan diri dengan mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, apel, dan sayur-sayuran seperti wortel dan sayuran hijau.

Selanjutnya Anda juga bisa mengonsumsi ikan-ikan dengan kandunga omega 3 yang kaya. Setidaknya omega 3 akan berkontribusi memperbaiki otak dengan partikel neuron dengan baik.

  • Jaga kualitas tidur yang baik

Tidur yang baik dan berkualitas akan memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Pengaturan yang tepat untuk seberapa lama Anda tidur akan berpengaruh juga pada kualitas daya ingat. Sebuah penelitian pada seekor tikus menyebutkan bahwa saat tertidur dua arena penting dalam otak (hippocampus dan medial prefrontal cortex) akan bekerja mengembalikan daya ingat masa lalu.

Proses ini akan membantu otak menemukan ingatan-ingatan yang hilang karena lupa.

  • Olahraga ringan, jalan kaki

Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa selain sehat untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh. Jalan kaki secara rutin akan memberikan kekuatan pada pusat ingatan di otak. Jalan kaki ringan di pagi hari akan sangat bermanfaat pula untuk kelancaran peredaran darah ke otak. Merefresh kembali darah segar ke dalam otak.

Olahraga ini sangat baik dan dianjurkan, apalagi untuk para lansia, selain untuk meningkatkan daya ingat. Pun akan memberikan kekuatan pada tulang saat penuaan.

  • Kunyah permen karet dan latih permainan otak

Anda bisa melakukan terapi ini secara bersamaan. Yakni, Anda bisa mengunyah permen karet sambil bermain permainan yang bisa merangsang daya ingat otak, seperti teka teki silang dan sejenisnya.

Kenapa permen karet?. Karena permen karet yang dikunyah akan membantu memperbanyak volume air liur. Hal ini akan mempengaruhi fungsi daerah otak saat tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

Kenapa permainan latihan otak?. Secara sederhana, otak akan terangsang bekerja dan mengingat setiap kata kunci jawaban pada setiap soal. Latihan otak ini akan membantu saraf otak merangkai kembali untuk berkaitan satu sama lain, dan menambah daya ingat jauh lebih baik.

Sumber : http://www.infojajan.com