Terima Rp 131 Juta Mantan Staf Ahli Divonis 1 Tahun

by -54 views

Terima Rp 131 Juta Mantan Staf Ahli Divonis 1 Tahun

Jatinangorku.com – Mantan Staf Ahli Bupati Ciamis, Darajat Hadiana divonis satu tahun penjara oleh majelis hakim yang dipimpin Eka Saharta di Ruang II Pengadilan Tipikor Bandung, Jln. L.L.R.E. Martadinata, Selasa (10/9). Darajat terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana bantuan untuk pengusaha tambak udang dan hatchery (pembenihan udang) korban tsunami Pangandaran.

Selain divonis satu tahun penjara, mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Kadislakan) Kabupaten Ciamis ini juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta atau subsider 1 bulan penjara. Sedangkan uang pengganti tidak dibebankan lantaran terdakwa sudah mengembalikan sebagian kerugian negara, yakni Rp 81 juta.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar tindak pidana korupsi dan divonis dengan satu tahun penjara,” ujar Eka dalam amar putusannya.

Menurut Eka, uang sebesar Rp 50 juta sebagai barang bukti sudah disita. Selain itu, Darajat sudah mengembalikan uang Rp 81 juta kepada jaksa penutut umum (JPU) pada persidangan tanggal 27 Agustus 2013. “Sekalipun terdakwa menyangkal tidak menerima uang sebesar Rp 131 juta, tetapi terdakwa sudah beritikad baik mengembalikan Rp 81 juta melalui jaksa penuntut,” ujarnya. 

Darajat Hadiana didakwa melakukan korupsi sebesar Rp 40 miliar. Anggaran tersebut awalnya dialokasikan sebagai dana bantuan untuk 48 pengusaha tambak udang dan pembenihan udang pascatsunami Pangandaran. Namun, dari anggaran tersebut, Darajat selaku kadislakan diduga menerima uang sebesar Rp 131 juta rupiah.

Sumber : http://klik-galamedia.com