Terjadi untuk Semua Jenis Golongan RSUD Sumedang Kekurangan Persediaan Darah

by -23 views

Jatinangorku.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Sumedang kekurangan persediaan berbagai golongan darah. Akibatnya, sejumlah pasien yang membu­tuh­kan transfusi darah, harus berusaha sendiri mencari pendonor sesuai yang diperlukannya.

Direktur RSUD Kab. Sumedang, dr. H. Hilman Taufik Ws., M.Kes., kepada “GM”, Jumat (3/10), di ruang kerjanya mengatakan, setiap bulan permintaan darah berbagai golongan berkisar 450-500 labu. Selama ini, kebutuhan darah sebanyak itu dipasok oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sumedang. Tapi dalam realisasinya PMI Cabang Sume­dang hanya mampu menyediakan 250-300 labu darah.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah, kami akhirnya berkoordinasi dengan PMI di daerah lain, termasuk PMI di Bandung,” katanya.

Namun, lanjut Hilman, upa­ya itu tidak selamanya berjalan mulus. Sebab, tidak jarang PMI daerah lain pun mengalami masalah yang sama, yaitu stok darahnya kosong.

“Jika sudah begitu, maka upaya lain yang kami lakukan adalah meminta kepada keluarga pasien untuk mencari pendonor darah sesuai golongan yang dibutuhkan. Itu adalah cara terakhir yang bisa kami lakukan untuk pemenuhan darah bagi pasien,” ungkapnya.

Menyikapi persoalan itu, Hilman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengampanyekan donor darah. Dengan begitu diharapkan persediaan stok darah berbagai golongan di PMI tidak lagi kurang.

“Saatnya kita kembali me­ngampanyekan pentingnya donor darah guna menolong sesasama. Kita berharap ke depan pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit ti­dak lagi kesulitan untuk mem­peroleh darah sesuai golongan yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/