Terkait Pembangunan Tol Cisumdawu, Warga Jatinangor Minta Kepastian

by -248 views


JATINANGOR (GM) – Sejumlah warga Jatinangor, Kab. Sumedang dan sekitarnya meminta kepastian terkait proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Pasalnya hingga kini belum ada sosialisasi untuk pembebasan tanah yang akan terkena proyek pembangunan tol tersebut.

Keterangan yang berhasil dihimpun “GM”, Selasa (5/6), sejumlah warga yang tanah miliknya akan terkena jalur Tol Cisundawu sangat berharap ada sosialisasi dari Pemda Kab. Sumedang.

Pasalnya sejak pertemuan di Plaza Padjadjaran, Jatinangor tahun 2007 hingga kini belum ada informasi lanjutan.

Salah seorang warga Desa Cibeusi, Kec. Jatinangor, Adam Ismail (50) menyatakan, sejak pertemuan tersebut belum ada pembicaraan lanjutan dari Panitia Pembebasan Tanah (P2T) Kab. Sumedang.

Padahal, lanjut Adam, banyak lahan warga yang telah dipatok dan hingga kini warga tidak membangunnya. “Sudah lima tahun warga menunggu dan membiarkan lahannya kosong karena ada imbauan pemerintah. Selain itu, banyak juga warga yang telah menggadaikan sertifikat tanahnya pada pihak bank dan menunggu pembayaran ganti rugi,” katanya.

Dikatakan Ketua Tim 9 untuk pembebasan lahan Tol Cisumdawu wilayah Jatinangor itu, kini warga meminta kepastian. “Jika dihitung secara materi jelas sangat rugi, karena tanah saya saja yang tadinya mau dibangun untuk bisnis jadi terkatung-katung,” katanya.

Karena itu, lanjut Adam, warga terus mencari informasi terkait rencana Tol Cisumdawu untuk wilayah Cibeusi. Mereka terus memantau perkembangannya dengan menanyakan secara langsung kepada pihak desa.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cibeusi, Ruyani saat dikonfirmasi “GM” menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi terkait sosialisasi proyek Tol Cisumdawu.

Namun pihak desa senantiasa bekerja sama dengan para pemilik lahan yang terkena proyek tol. “Kita belum mendapat informasi terkait sosialisasi pembebasan lahan. Hanya saja, kami terus melakukan komunikasi dengan pemilik tanah,” katanya.

Berdasarkan data, pembebasan lahan yang melintasi wilayah Desa Cibeusi, Jatinangor tersebut ada di 6 RW, yakni RW 01, 02, 07, 08, 11, dan RW 12.

Sumber : kilk-galamedia