Ternyata, Hobi Mewarnai Manjur Mengurangi Stres Bagi Orang Dewasa, Lho

by -50 views

Jatinangorku.com – Saya masih ingat, di masa kecil kegiatan yang saya sukai dan sukses bikin saya anteng seharian adalah mewarnai. Satu buah buku mewarnai dengan sepaket pensil aneka warna cukup membawa saya ke dunia mengasyikkan yang penuh warna. Rupanya akhir-akhir ini kegiatan mewarna tak hanya menjadi ‘lahan bermain’ anak-anak saja lho. Bahkan orang dewasa keranjingan mewarnai juga.

Kegiatan mewarnai kini menjadi tren di seluruh dunia. Banyak buku mewarnai untuk orang dewasa laris manis di pasaran. Ternyata ada alasan medis dibalik tren yang digandrungi 2 tahun belakangan ini. Dilansir oleh medicaldaily.com, mewarnai terbukti efektif untuk melepaskan stres dan mengurangi tingkat depresi lho. Terapi mewarnai memang tak dapat menyembuhkan penyakit, tetapi membuat seseorang dapat mengatasi penyakitnya jauh lebih baik.

Penelitian menunjukkan terapi ini memiliki efek yang nyata. Di tahun 2006, sebuah studi dilakukan di Amerika terhadap beberapa perempuan pengidap kanker. Para pengidap kanker ini diberikan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan seni yang menyenangkan termasuk menggambar dan mewarnai. Ternyata hasilnya kegiatan seni dapat mengurangi gejala tekanan fisik dan emosional selama pengobatan. Bukan hanya orang-orang dengan kanker yang dapat manfaat dari seni visual, tetapi juga mereka yang berada dalam kondisi depresi, kecemasan dan dementia.

Mewarnai tak ubahnya dengan meditasi yang membantu seseorang untuk berkonsentrasi pada warna-warna dan menghentikan sejenak pikiran-pikiran yang lainnya. “Anda harus melihat bentuk dan ukuran, melihat batas garis dan harus memilih kombinasi warna yang tepat,” ujar Dr. Joel Pearson, pakar otak dan saraf dari University of New South Wales di Australia. “Hal inilah yang menghentikan rasa kekhawatiran, kecemasan dan depresi yang menyibukkan pikiran Anda.”

Wah ternyata bukan sekedar hobi saja ya. Mewarnai punya manfaat besar bagi kesehatan otak dan jiwa kita. Wah, saya jadi nggak sabar nih buat mengeluarkan alat-alat mewarnai dan segera memulainya. Apakah kamu juga mulai keranjingan mewarnai,

Sumber : http://www.vemale.com/