Tersandung Korupsi Dana ADPD dan P4, Eksekusi Segera Kades Linggar

by -88 views

Tersandung Korupsi Dana ADPD dan P4,  Eksekusi Segera Kades Linggar

Jatianngorku.com – Sejumlah tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan Badan Perwakilan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Linggar, Kec. Rancaekek, Kab. Bandung mendesak agar Kades Linggar, Yoyo Iryadi segera diberhentikan Bupati Bandung, sekaligus dieksekusi oleh aparat penegakan hukum.

Setelah melalui proses Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung dan Mahkamah Agung (MA), Yoyo yang saat ini dinonaktifkan sementara terbukti bersalah dan berkekuatan hukum tersandung korupsi dana Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) dan bantuan Program Penguatan Pembangunan Pedesaan (P4). 

Keterangan yang dihimpun “GM”, Minggu (25/8), permintaan ini langsung disampaikan pada Bupati Bandung melalui Camat Rancaekek via surat. Termasuk dalam tembusan surat Ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung, Kepala BDMPD, dan Kabiro Hukum Kab. Bandung.

Atep Yusuf Hamdani, S.I.P., Sekretaris BPD Linggar ketika dikonfirmasi “GM” membenarkan, BPD Linggar telah mengirim surat pada Bupati Bandung melalui Camat Rancaekek. Isinya meminta agar Kades Linggar segera diberhentikan dan diproses secara hukum atas kasus korupsi. Surat yang dikirim tertanggal 22 Agustus.

“Sesuai surat yang dikirim dan memperhatikan putusan Mahkamah Agung RI 15 Aril lalu No. 478/TU/2013/ 17711K/PID.SUS/2012, perihal proses hukum (kasasi) Kades Linggar, Yoyo Iryadi divonis dengan pidana penjara selama 1 tahun dan denda Rp 50 juta. Melihat putusan MA ini, BPD menilai sudah ada kekuatan hukum Kades Linggar harus segera diberhentikan. Dan segera juga gelar pilkades,” katanya.

Divonis onslagh

Pada sidang di Pengadilan Tipikor Bandung beberapa waktu lalu, Yoyo divonis onslagh atau bebas tidak murni (bersalah tapi lepas tuntutan hukum). Pascavonis tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan kasasi ke MA. Namun MA memutus Yoyo dengan pidana selama satu tahun dan denda Rp 50 juta. Saat proses hukum berlangsung, Yoyo dinonaktifkan sementara dari jabatan Kades Linggar.

“Sesuai dengan surat yang dikirim ke Bupati Bandung, permintaan BPD agar Kades Yoyo yang masa jabatannya berakhir tahun 2015 diberhentikan karena telah berkekuatan hukum. Juga percepat pilkades. Sebab Pjs. Kades Linggar saat ini dinilai BPD tidak mampu menjalankan roda pemerintahan,” katanya.

Hal senada dilontarkan Ketua LSM Jaringan Elemen Linggar Anti Suap (Jelas), Yudi. Bahkan Yudi mendukung langkah BPD mengirim surat pada Bupati Bandung agar Yoyo segera diberhentikan dan diproses secara hukum.

Camat Rancaekek, Drs. Haris Taupik ketika dikonfirmasi “GM” membenarkan, terkait kasus ini pihaknya telah menerima surat dari BPD Linggar. “Suratnya kita pelajari dulu. Setelah itu akan ditindaklanjuti melalui koordinasi dengan sejumlah pihak terkait,” katanya.

Sementara ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Yoyo enggan berkomentar. “Teu langkung bade dimuat di koran ge,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com